• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal yang Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal yang Diwaspadai

6 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal yang Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2021
6 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal yang Diwaspadai

Pola makan berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk ginjal, tetapi ada juga yang bisa memberatkan organ tersebut. Bila dikonsumsi secara berlebihan, jenis makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan gagal ginjal.”

Halodoc, Jakarta – Gagal ginjal adalah tahap terakhir dari penyakit ginjal kronis. Ketika kamu mengalami gagal ginjal, itu berarti organ kamu tersebut sudah tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi.

Ginjal mempunyai banyak fungsi penting untuk tubuh. Selain membersihkan darah dari limbah dan zat beracun, organ vital tersebut juga mengontrol bahan kimia dan cairan dalam tubuh kamu, serta membantu mengendalikan tekanan darah dan membuat sel darah merah. Ketika ginjal gagal untuk menjalankan fungsinya tersebut, kamu berisiko mengalami berbagai kesehatan yang bisa berakibat fatal.

Itulah mengapa penting untuk menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin agar organ tersebut bisa tetap berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan mengubah pola makan kamu sehari-hari menjadi lebih sehat. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bila dikonsumsi secara berlebihan dan rutin, bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang  berakhir pada gagal ginjal.

Makanan dan Minuman Penyebab  Gagal Ginjal

Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko gagal ginjal. Diabetes yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi adalah faktor yang paling umum. Nah, dengan menghindari atau membatasi makanan dan minuman tertentu dalam pola makan kamu sehari-hari, kamu bisa membantu mengurangi beban kerja ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Dengan begitu, risiko kamu mengalami gagal ginjal pun berkurang.

Berikut ini makanan dan minuman penyebab gagal ginjal yang perlu diwaspadai:

  1. Makanan Hewani Tinggi Protein

Produk hewani, seperti daging merah, unggas, ikan, dan telur adalah makanan berprotein tinggi. Tubuh memang membutuhkan protein untuk membantu membangun otot dan memperbaiki jaringan. Namun, nutrisi tersebut juga meninggalkan limbah yang harus dibuang oleh tubuh kamu. Bila kamu mengonsumsi terlalu banyak protein, ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang limbah dan hal itu bisa mempercepat kerusakan ginjal.

Namun, karena tubuh masih membutuhkan protein, kamu dianjurkan untuk mendapatkan asupan tersebut dari buah-buahan, sayuran, serta nasi, roti dan pasta yang rendah garam.

  1. Makanan Asin

Makanan ringan, daging yang diawetkan, makanan kaleng, dan makanan olahan, seperti pizza dan mie instan juga adalah jenis makanan yang perlu dibatasi, karena bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Hal itu karena makanan tersebut biasanya mengandung garam atau natrium yang tinggi.

Konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan cairan yang ditahan oleh tubuh, sehingga ginjal akan bekerja keras untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, terlalu banyak cairan juga bisa meningkatkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor gagal ginjal.

  1. Buah dan Sayuran Tinggi Kalium

Kalium juga menambah beban kerja ginjal, sehingga konsumsinya yang berlebihan bisa menyebabkan gagal ginjal. Kalium banyak ditemukan pada buah-buahan, seperti melon, pisang, jeruk, alpukat, dan tomat. Produk susu, kacang-kacangan, dan lentil juga mengandung mineral tersebut dalam jumlah tinggi.

Selain itu, minuman, seperti soda berwarna gelap dan es teh siap saji juga mengandung kalium tinggi, sehingga perlu dibatasi.

  1. Makanan dengan Fosfor atau Fosfat

Fosfor adalah mineral yang penting untuk membentuk tulang dan gigi, dan juga membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat dan lemak. Namun, bagi kamu yang berisiko mengalami penyakit ginjal atau sudah mengidapnya, kamu perlu membatasi asupan nutrisi tersebut.

Makanan tinggi fosfor yang perlu dihindari, antara lain produk susu, coklat, makanan yang dibumbui dan diproses, roti gandum, oatmeal, kacang-kacangan, dan cola berwarna gelap.

  1. Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium juga adalah mineral lainnya yang memberatkan kerja ginjal, sehingga perlu dibatasi. Selain itu, makanan yang tinggi kalsium, seperti produk susu, biasanya juga memiliki kadar fosfor yang tinggi. Jadi, ada baiknya batasi konsumsi makanan berkalsium tinggi, termasuk suplemen kalsium.

  1. Minuman Beralkohol

Kebanyakan orang tahu bahwa alkohol bisa berdampak buruk pada kesehatan hati, tapi tahukah kamu bahwa minuman tersebut juga bisa memengaruhi ginjal? Menurut penelitian, bila hati kamu rusak atau bermasalah, ginjal juga akan menjadi rusak karena organ tersebut mencoba untuk mengkompensasi kerja hati yang rusak akibat konsumsi alkohol.

Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang memengaruhi seberapa baik ginjal kamu menyaring racun. Minuman tersebut juga bisa merusak ginjal dengan meningkatkan tekanan darah.

Itulah makanan dan minuman penyebab gagal ginjal yang perlu kamu waspadai. Selain memperhatikan pola makan, kamu juga perlu mengendalikan kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Penting bagi kamu yang mengidap dua kondisi kesehatan tersebut untuk rutin minum obat sesuai anjuran dokter. Nah, kamu bisa cek kebutuhan obat kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Health Grades. Diakses pada 2021. 6 Types of Foods to Avoid When You Have Kidney Disease
Kidney Fund. Diakses pada 2021. Kidney Failure (ESRD) Causes, Symptoms, & Treatments.