• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

6 Makanan Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Menurunkan kolesterol tinggi bisa mencegah penyakit yang lebih serius. Beberapa makanan bisa membantu, seperti biji-bijian utuh, hingga buah-buahan.”

6 Makanan Ini Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi adalah kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius seperti stroke dan serangan jantung. Kabar baiknya, menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu, lo. Yuk simak!

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi banyak variasi makanan sehat memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Nah, jika kamu mengalami kolesterol tinggi, beberapa makanan berikut ini bisa membantu menurunkannya:

  1. Oatmeal
oatmeal

Karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti oatmeal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Agar semakin kaya nutrisi, sajikan oatmeal dengan aneka buah, misalnya pisang atau stroberi.

  1. Biji-bijian Utuh
biji utuh

Seperti oatmeal, biji-bijian utuh lainnya juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. Contoh biji-bijian utuh yang bisa dikonsumsi adalah barley, beras merah, quinoa, sorgum, dan lain-lain.

  1. Kacang-kacangan
kacang kacangan

Kacang sangat kaya akan serat larut. Makanan ini juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti kamu merasa kenyang lebih lama setelah makan. Beberapa contoh kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang merah, walnut, lentil, kacang polong, dan lain-lain.

  1. Ikan Berlemak
iklan berlemak

Makan ikan berlemak dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat. Ikan berlemak yang dimaksud di sini adalah ikan yang kaya omega-3.

Omega-3 dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung, dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

  1. Kedelai
kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan olahannya seperti tahu dan susu kedelai, juga bisa jadi cara ampuh untuk menurunkan kolesterol.

  1. Buah Kaya Pektin
buah kaya pektin

Buah kaya pektin (sejenis serat larut) juga disebut-sebut bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Contoh buahnya adalah apel, anggur, stroberi, jeruk, dan lain-lain.

Itulah beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain menjaga pola makan sehat, penting untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.

Jika dokter meresepkan obat atau suplemen yang perlu dikonsumsi, kamu bisa download Halodoc dan menggunakannya untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 11 Foods That Lower Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.