• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Laut Kaya Vitamin A yang Baik bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Laut Kaya Vitamin A yang Baik bagi Kesehatan

6 Makanan Laut Kaya Vitamin A yang Baik bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 September 2022

“Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang memiliki manfaat sehingga perlu dicukupi kebutuhan hariannya. Ada banyak makanan laut yang dapat mencukupi asupan vitamin A agar tubuh tetap sehat.”

6 Makanan Laut Kaya Vitamin A yang Baik bagi Kesehatan6 Makanan Laut Kaya Vitamin A yang Baik bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Sumber vitamin A yang paling terkenal adalah wortel, meskipun ada banyak juga makanan laut yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Memang, makanan laut disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat, serta kaya akan nutrisi bermanfaat pada tubuh. Maka dari itu, perlu tahu berbagai macam makanan laut yang kaya akan kandungan vitamin A, agar bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daftar Makanan Laut yang Kaya Vitamin A

1. Ikan Tuna

Salah satu makanan laut yang kaya vitamin A adalah tuna. Sebanyak 100 gram dari ikan ini mengandung 655 mcg vitamin A, mencukupi kebutuhan harian tubuh sebesar 22%. Kandungan tersebut didapatkan saat dikonsumsi secara mentah.

Perlu diketahui jika tubuh membutuhkan asupan vitamin A sebesar 3000 mcg. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan, termasuk ikan tuna ini.

2. Ikan Haring

Makanan laut lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan vitamin A adalah ikan haring. Disebutkan, per 100 gram dari ikan ini mengandung 258 mcg vitamin A, setara dengan 9% kebutuhan harian tubuh.

3. Ikan Kembung

Per 100 ikan laut ini mengandung 218 mcg vitamin A, atau setara 7% kebutuhan harian dari tubuh. Kadar nutrisi tersebut didapatkan saat ikan ini dikonsumsi secara mentah, jika diolah lagi, maka kandungan vitamin A yang ada tentu dapat menurun. Agar turun tidak terlalu jauh, ada baiknya untuk direbus atau dikukus.

4. Kerang

Kerang seberat 100 gram yang direbus masih memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 171 mcg. Angka ini dapat mencukupi 6% dari kebutuhan harian tubuh terhadap nutrisi ini.

Berbeda lagi saat tepung ini sudah diolah dengan cara digoreng, kandungan vitamin A menurun menjadi 91 mcg, mencukupi 3% kebutuhan harian. Meski begitu, ada banyak kandungan lainnya dari kerang yang dapat menyehatkan tubuh.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon juga termasuk makanan laut yang terkena karena berbagai nutrisi menyehatkan. Bukan hanya itu, ikan ini juga nikmat disantap, bahkan saat mentah.

Ikan yang kerap dijadikan bahan dasar sushi ini mengandung 136 mcg vitamin A tiap 100 gram. Angka ini setara dengan 5% kecukupan harian yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi ikan ini, tetapi perhatikan kebersihannya jika makan secara mentah.

6. Remis

Hewan dari keluarga kerang ini juga kaya akan kandungan vitamin A. Saat diolah dengan cara direbus, vitamin A dalam kandungannya sebesar 91 mcg, atau setara dengan 3% kebutuhan harian. Selain kaya kandungan nutrisi menyehatkan, rasa dari remis juga nikmat saat disantap.

Itulah beberapa makanan laut yang kaya akan kandungan vitamin A. Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan salah satu makanan ini pada menu harian. Dengan begitu, berbagai nutrisi penting, bukan hanya vitamin A, bisa diserap oleh tubuh agar tetap sehat.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait jenis makanan laut yang kaya akan vitamin A, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan.

Referensi:
Diet & Fitness Today. Diakses pada 2022. Vitamin A Rich Fish and shellfish.
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Foods That Are High in Vitamin A.