• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Penangkal Anemia pada Ibu Hamil

6 Makanan Penangkal Anemia pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu kan dampak berbahaya anemia pada ibu hamil? Masalah kesehatan ini bisa memicu banyak masalah kehamilan, mulai dari kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, depresi postpartum, hingga kematian janin. Tuh, bikin was-was kan?

Untungnya, terdapat beragam cara mencegah anemia pada ibu hamil. Salah satu cara yang terbilang efektif melalui makanan yang banyak mengandung asupan zat besi. Menurut ahli di American Pregnancy Association (APA), ibu hamil setidaknya memerlukan asupan 30 mg zat besi tiap harinya. Lantas, apa saja sih makanan yang kaya asupan zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil?  

Baca juga: Ketahui Lebih Jauh Anemia pada Janin

1. Daging dan Unggas

Daging dan unggas merupakan makanan yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Makanan jenis ini mengandung zat besi heme atau hemoglobin hewani.

Dari banyaknya jenis daging daging merah, domba, dan daging rusa merupakan sumber terbaik. Sementara itu, unggas atau ayam memiliki jumlah zat besi yang lebih rendah. Hal yang perlu diingat, pastikan daging dan unggas dimasak hingga matang sempurna.

2. Hati

Hati adalah makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanya tak heran makanan ini sering direkomendasikan bagi mereka yang mengidap anemia. Selain hati, cara mencegah anemia pada ibu hamil juga bisa melalui asupan jeroan seperti jantung, ginjal, dan lidah sapi. Ingat, jangan berlebihan mengonsumsi jeroan selama kehamilan.

3. Bayam 

Bayam merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Sayuran ini mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah mengandung 2,7 mg zat besi, atau menyediakan sekitar 15 persen dari kebutuhan zat besi harian. 

Meski zat besi yang terkandung dalam bayam adalah zat besi non-heme (yang tidak diserap dengan baik), tapi sayuran ini kaya akan vitamin C. yang baik bagi tubuh. Asupan vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Baca juga: Orang yang Berpotensi Terkena Anemia Defisiensi Zat Besi dan Folat

Selain itu, sayuran berdaun hijau ini juga banyak mengandung antioksidan yang disebut karotenoid. Karotenoid ini diduga mampu mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan melindungi mata dari penyakit.  

4. Brokoli

Selain bayam, brokoli adalah sayuran lainnya yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Satu porsi brokoli (satu cangkir/154 gram) mengandung satu mg zat besi, atau 6 persen dari kebutuhan zat besi harian. Brokoli juga kaya vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

Hal yang perlu diingat, masih banyak sayuran berdaun hijau lainnya yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Contohnya kubis, kale, Swiss chard, dan lainnya.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dikonsumsi selama kehamilan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Bumil bisa mendapatkan zat besi dari kacang merah, kedelai, kacang polong, kacang pinto, atau kacang polong. Sedangkan biji-bijian yang bisa dicoba contohnya seperti biji rami atau biji bunga matahari. 

Baca Juga: Wanita Lebih Rentan Terserang Anemia Ketimbang Pria, Kok Bisa?

6. Makanan Lainnya

Pada dasarnya, masih banyak makanan yang kaya asupan zat besi yang mampu mencegah anemia pada ibu hamil. Menurut APA dan sumber lainnya, berikut ini makanan untuk mencegah anemia pada ibu hamil:

  • Telur.
  • Sayuran berdaun hijau gelap (seperti brokoli, kangkung, dan bayam)
  • Kacang, lentil, dan tahu.
  • Ikan salmon atau tuna. (hati-hati terhadap ikan yang mengandung merkuri)
  • Tiram.
  • Sereal yang diperkaya biji-bijian.
  • Oatmeal.
  • Roti gandum utuh

Ingat, zat besi akan sulit diserap oleh tubuh bila tubuh kekurangan asupan vitamin C. Oleh sebab itu, bumil harus memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Nah, berikut ini makanan yang kaya vitamin C:

  • Stroberi.
  • Jeruk.
  • Paprika.
  • Tomat.
  • Buah dan jus jeruk.
  • buah kiwi.

Bagaimana tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas untuk mencegah anemia pada ibu hamil? ibu hamil juga bisa kok membeli vitamin dan suplemen untuk menambah asupan zat besi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menggunakan aplikasi Halodoc. Praktis, kan?



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Healthy Foods That Are High in Iron
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet Plan for Anemia
American Pregnancy Association. Diakses Januari 2021. Anemia During Pregnancy.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Foods and meal plans for iron deficiency
Very Well Family. Diakses pada 2020. Iron-Rich Foods to Eat During Pregnancy