13 September 2018

6 Makanan Pengganti Daging bagi Vegetarian

makanan pengganti daging, pengganti daging untuk vegetarian

Halodoc, Jakarta – Saat ini gaya hidup sehat menjadi salah satu hal yang cukup digemari. Salah satunya dengan menjalani gaya hidup sebagai seorang vegetarian. Saat menjalani gaya hidup vegetarian, para vegetarian tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Dengan memilih untuk menjadi seorang vegetarian, kamu akan merasakan banyak manfaatnya. Beberapa manfaatnya, yaitu untuk menghindari penyakit seperti kanker, diabetes dan juga kolesterol.

Namun, jangan khawatir akan kekurangan protein saat kamu menjalani gaya hidup vegetarian. Ada banyak makanan non hewani yang nyatanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kamu sebagai makanan pengganti daging. Berikut adalah makanan pengganti daging untuk vegetarian:

1. Tahu

Nyatanya tahu adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 4 buah tahu, terkandung sekitar 20 gram protein. Tahu terbuat dari kacang kedelai dan biasanya memiliki rasa yang cenderung netral. Agar tidak bosan dalam mengonsumsi tahu, kamu bisa berkreasi dengan tahu di setiap menu masakan kamu. Kamu bisa menggoreng tahu, mengukus atau mencampur tahu dengan sayuran dalam masakan kamu. Dengan begitu, akan semakin banyak nutrisi yang kamu penuhi.

2. Tempe

Sama seperti tahu, tempe juga terbuat dari kacang kedelai. Tempe memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada tahu. Tempe mengandung 31 gram protein per empat potong. Saat pembuatan tempe, kacang kedelai tidak dihancurkan dan masih berbentuk kacang utuh. Inilah yang menyebabkan protein dalam tempe jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahu. Tempe juga bisa dijadikan makanan pengganti daging.

3. Kacang Merah

Kacang merah juga memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk digunakan sebagai makanan pengganti daging untuk vegetarian. Dalam 100 gram kacang merah, mengandung 24 gram protein. Kamu juga tidak perlu khawatir merasa bosan saat mengonsumsi kacang merah. Kacang merah bisa kamu jadikan berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan utama hingga dessert.

4. Kacang Polong

Kacang polong juga salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan bisa dijadikan makanan pengganti daging. Dalam 100 gram kacang polong, terkandung 25 gram protein. Tidak hanya mengandung protein, nyatanya kacang polong juga memiliki kadar kalori yang cukup rendah dan memiliki kandungan lemak.

5. Jamur

Tidak hanya dari jenis kacang-kacangan saja. Nyatanya, jamur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram jamur, mengandung 2,9 gram protein. Tidak hanya kandungan proteinnya saja, jamur juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kandungan kalsium, karbohidrat, dan energi. Selain itu, jamur juga merupakan salah satu bahan makanan yang cukup mudah pengolahannya. Banyak jenis makanan yang bisa kamu buat dengan bahan dasar jamur.

6. Quinoa

Quinoa adalah salah satu jenis biji-bijian yang mengandung protein cukup tinggi. Dalam 100 gram quinoa, mengandung 4,4 gram protein. Tidak hanya mengandung protein, quinoa mengandung beragam vitamin yang cocok dijadikan makanan pengganti nasi.

Selain protein, jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi lainnya. Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai gaya hidup vegetarian, kamu bisa bertanya kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc lewat fitur Chat atau Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: