• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Payudara

6 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Payudara

“Hingga kini, penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor risiko seperti memiliki riwayat penyakit atau mengidap masalah hormonal memengaruhi besarnya peluang mengidap kanker. Meski demikian, kamu dapat mencegah kanker payudara dengan mengonsumsi makanan sehat, lo.”

Halodoc, Jakarta – Kanker payudara berasal dari sel-sel abnormal pada payudara yang tumbuh membentuk benjolan atau massa, dan dapat dirasakan ketika diraba. Benjolan atau massa tersebut disebut dengan tumor. Tumor dibedakan menjadi dua jenis, bersifat jinak atau kanker. Ketika benjolan bersifat kanker, sel-sel abnormal tersebut dapat menyebar ke organ sekitarnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

Baca juga: Pahami Efek Samping Konsumsi Margarin Terlalu Banyak

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk bayam, kale, lobak, atau selada mengandung tinggi antioksidan dan serat. Kandungan baik tersebut dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas pemicu kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan mengonsumsinya secara rutin.

2. Sayuran Berbonggol

Sayuran berbonggol seperti kembang kol, sawi hijau, brokoli, dan kubis hijau menjadi jenis makanan untuk mencegah kanker payudara selanjutnya. Beberapa jenis sayuran berbonggol tersebut kaya akan antioksidan dan glukosinolat yang dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan DNA. Senyawa tersebut juga dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor, sehingga metastasis sel kanker dapat dicegah.

3. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh termasuk beras merah, beras hitam, gandum, jagung, dan sorgum. Seluruhnya menjadi makanan yang tidak melewati banyak proses kimiawi, sehingga nutrisi di dalamnya masih padat dan tidak terkikis. Sejumlah nutrisi tersebut meliputi karbohidrat kompleks, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral. Tingginya kandungan serat dalam biji-bijian utuh mampu mengubah kerja hormon pada pengidap kanker payudara. 

Baca juga: Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pakcoy

4. Wortel, Tomat, dan Jeruk

Ketiganya memiliki kandungan tinggi karotenoid, yaitu pigmen berwarna merah, kuning, dan oranye terang. Senyawa tersebut mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu kanker payudara. Selain wortel, tomat dan jeruk, buah lain yang direkomendasikan untuk mencegah kanker payudara adalah jambu biji, mangga, tomat, ubi manis, labu, dan semangka.

5. Kedelai

Kedelai kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sangat baik dikonsumsi guna mencegah kanker payudara. Kandungan baik pada kedelai juga meliputi antioksidan bernama isoflavon. Jika sudah terkena kanker payudara dan rutin mengonsumsi kedelai, risiko kematian pada pengidap dapat diturunkan. Kandungan kedelai sendiri bisa kamu dapatkan dari tahu, tempe, atau susu kedelai.

6. Seledri, Kemangi, dan Ketumbar

Ketiga makanan tersebut mengandung apigenin, yaitu jenis antioksidan flavonoid bersifat antiradang, antioksidan, dan antikanker. Dilansir dari jurnal HHS Public Access, apigenin mampu menekan pertumbuhan sel kanker payudara HER2. Selain ketiga makanan tersebut, kamu juga dapat mengonsumsi teh chamomile, yang juga menjadi salah satu sumber apigenin.

Baca juga: Cek Fakta: Kunyit Mampu Mengurangi Depresi

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. Jika kamu memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya, ya. Jika belum memiliki aplikasinya, silahkan download di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Jurnal HHS Public Access. Diakses pada 2021. Apigenin: A Promising Molecule for Cancer Prevention.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Best Foods to Eat When You Have Breast Cancer.

Healthline. Diakses pada 2021. What  Foods Help Prevent Breast Cancer Risk?