• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

6 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 September 2022

“Alpukat, buah beri, sayuran berdaun hijau, dan ikan berlemak adalah jenis makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.”

6 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung6 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta –  Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan jantung menjadi bagian penting dalam perencanaan hidup sehat dan berkualitas. Untuk itu, kamu perlu memilah-milah makanan mana yang perlu dikonsumsi dan mana yang tidak. Yuk, baca selengkapnya di sini jenis makanan sehat seperti apa yang baik untuk jantung!

Makanan Sehat untuk Jantung Sehat

Membatasi berapa banyak lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi adalah salah satu cara mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Cara ini pada akhirnya berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Untuk itu, penting untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mendukung kinerja jantung. Lantas, jenis makanan sehat seperti apa yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut ulasannya!

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber vitamin K yang bagus, yang membantu melindungi arteri. 

Kandungan nitratnya juga berperan untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. 

2. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, jelai, dan soba adalah jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Sebaliknya, biji-bijian utuh bekerja melindungi jantung.  

Periksa selalu nilai kandungan gizi pada makanan yang hendak kamu makan. Bila informasinya disebutkan gandum utuh, maka itu adalah termasuk biji-bijian utuh. Tapi, kalau disebutkan tepung gandum atau multigrain, ini tidak masuk kategori biji-bijian utuh.

3. Buah Beri

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry adalah buah beri yang mengandung nutrisi penting dan baik untuk kesehatan jantung.  Buah beri kaya akan antioksidan seperti anthocyanin, yang memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

4. Alpukat

Sama seperti buah beri, alpukat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. 

Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Satu buah alpukat mengandung 975 miligram potasium, atau sekitar 28 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh. 

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna sarat kaya akan asam lemak omega-3, yang memang baik untuk kesehatan jantung.  Asam lemak omega-3 dari ikan dapat mengurangi risiko penyakit aritmia. Suplemen minyak ikan juga telah terbukti dapat mengurangi trigliserida darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan tekanan darah.

6. Tahu

Mengonsumsi tahu sebagai produk protein nabati yang kaya akan mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda akan menyehatkan jantung. 

Itulah informasi mengenai alternatif makanan sehat untuk menjaga jantung. Kalau kamu punya masalah dengan kesehatan jantung dan butuh pemeriksaan dari dokter, kamu bisa buat janji konsultasi ke rumah sakit lewat Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Heart-healthy diet: 8 steps to prevent heart disease.
WebMD. Diakses pada 2022. 21 Foods That Can Save Your Heart.