• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Bersalin

6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Bersalin

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Persalinan adalah proses yang sangat melelahkan ketika ibu harus mempertaruhkan nyawa melahirkan bayi ke dunia. Maka dari itu, momen untuk memulihkan seluruh tubuh agar kembali kuat seperti sedia kala membutuhkan waktu dan asupan makanan yang tepat.

Ibu harus benar-benar mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan sehat. Beberapa makanan sehat yang dikonsumsi setelah bersalin dapat mengembalikan tenaga yang hilang dan memulihkan darah yang keluar dari tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk memperhatikan konsumsi makananmu. Inilah beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi setelah persalinan!

Baca juga: 4 Cara Tepat Pilih Makanan Setelah Melahirkan

Makanan Sehat setelah Persalinan yang Harus Dikonsumsi

Setelah melahirkan, tidak sedikit wanita yang langsung berpikir cara untuk mengembalikan berat badannya. Walau begitu, ibu juga harus memikirkan asupan makanan yang dapat mencukupi gizi untuk air susu ibu (ASI) ketika sudah dapat diproduksi.

Dengan mengonsumsi makanan sehat setelah persalinan, ibu dapat memaksimalkan energi yang masuk untuk melakukan kegiatan sebagai ibu baru. Jika ibu mengonsumsi nutrisi yang cukup, kesehatan ibu dan bayi pun akan terjaga dengan baik. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa makanan yang dapat dengan cepat dan efektif mengembalikan tenaga. Berikut di antaranya:

  1. Sup Ayam

Salah satu makanan sehat setelah persalinan adalah sup ayam. Kandungan yang terdapat di sup ini mengandung banyak protein dan lemak yang baik untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Selain itu, kuah kaldu ayam juga baik untuk ibu menambah cairan tubuh. Selain itu, kandungan garamnya dapat mengisi elektrolit secara alami.

  1. Telur

Kamu juga dapat memperbanyak konsumsi telur yang dapat mengganti kandungan protein yang hilang setelah melahirkan. Makanan sehat setelah bersalin ini juga dapat menenangkan otot-otot yang sakit setelah beberapa berkontraksi selama percobaan melahirkan. Kandungan omega-3 di dalam telur dapat meminimalisir depresi yang dapat terjadi pasca-persalinan.

Ibu pasti ingin bertanya secara detail tentang makanan sehat setelah melahirkan yang sehat dan efektif. Maka dari itu, menanyakannya pada dokter dari Halodoc adalah jawabannya. Caranya mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play! Selain itu, ibu juga dapat memanfaatkan fitur beli obat di apotek terdekat dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: 4 Cara Diet Setelah Melahirkan

  1. Ikan Salmon

Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi setelah melahirkan adalah ikan salmon. Kandungan yang terdapat di dalam ikan ini sangat baik untuk seorang ibu yang akan menyusui anaknya, karena kaya akan jenis lemak DHA. Kandungan tersebut sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, DHA juga dapat menurunkan risiko mengalami depresi.

  1. Oatmeal dengan Buah

Makanan sehat setelah persalinan lainnya yang baik untuk dikonsumsi adalah oatmeal yang dicampur dengan buah. Hal ini dapat mengatasi konstipasi yang merupakan efek samping umum setelah melahirkan disebabkan oleh hormon. Serat yang terkandung dari makanan olahan tersebut baik agar pencernaan kamu segera berfungsi. Cobalah untuk kombinasikan dengan buah yang dapat melancarkan pencernaan.

  1. Dendeng Sapi

Ibu juga harus mengonsumsi banyak daging merah yang dapat mengembalikan kehilangan darah pada tubuh. Memang, kehilangan darah saat melahirkan adalah hal yang umum. Walau begitu, ibu harus dengan cepat mengembalikannya agar tidak terjadi defisiensi besi dan anemia yang dapat menghambat pemulihan dan suplai ASI.

Baca juga: Waktu yang Tepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

  1. Kurma

Kurma disebut-sebut dapat menyebabkan tubuh mengalami perdarahan atau kehilangan darah lebih sedikit yang membuat dampaknya tidak terlalu buruk. Dengan mengonsumsi makanan tersebut yang merupakan sumber gula, ibu juga dapat mengembalikan tenaga dengan cepat. Hal ini juga efektif agar tubuh dapat lebih cepat memproduksi ASI.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Healthy Foods to Eat Right After Labor (and Before a Sushi Binge)
Mother.ly. Diakses pada 2019. What Should You Eat Right After Birth?