• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan untuk Awet Muda yang Bisa Dikonsumsi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan untuk Awet Muda yang Bisa Dikonsumsi

6 Makanan untuk Awet Muda yang Bisa Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Ada banyak jenis makanan yang dapat membuat kamu awet muda. Nah, beberapa contoh makanan untuk awet muda adalah alpukat, semangka, dan bluberi.”

6 Makanan untuk Awet Muda yang Bisa Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Meski usia terus bertambah, wajah harus tetap awet muda. Salah satu faktor seseorang terlihat awet muda saat kulitnya terlihat cantik dan sehat. Nah, kamu bisa lo tetap awet muda dengan konsumsi makanan yang enak dan juga mengenyangkan. Untuk tahu daftar makanan sehat tersebut, baca ulasan berikut ini!

Konsumsi Makanan untuk Awet Muda

Memang sejalan dengan pertambahan usia, makanan yang dikonsumsi dapat sangat memengaruhi kebugaran, tampilan, kualitas hidup, dan banyak hal lainnya. Pasalnya, tubuh mengandalkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi ini dapat membantu untuk memperlambat berbagai tanda penuaan yang mungkin terjadi. Maka dari itu, konsumsi makanan yang tepat sangat diperlukan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat seseorang awet muda, yaitu sumber protein yang sehat, mengandung lemak sehat, serta kaya akan antioksidan. Namun, apa saja sih makanan yang termasuk dalam kategori tersebut? Berikut daftarnya:

1.  Alpukat

Salah satu jenis makanan untuk awet muda yang bisa dikonsumsi adalah alpukat. Buah ini kaya akan asam oleic dan asam lemak omega-9, yang mampu membantu kulit agar tetap lembap pada lapisan luar dan lebih elastis saat dipegang. Kandungan antioksidan pada alpukat juga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membuatnya lebih tua. Untuk rasanya sendiri, alpukat termasuk makanan yang nikmat untuk dikonsumsi.

2.  Bluberi

Jenis makanan lainnya yang dapat membuat awet muda adalah bluberi. Buah beri ini kaya akan kandungan vitamin C dan E, yaitu vitamin yang berguna untuk mencerahkan kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan arbutin di dalamnya juga dapat berperan sebagai pencerah kulit.

3.  Buah Pome

Buah lainnya yang dapat menjadi makanan untuk awet muda adalah pome. Buah ini kaya dengan nutrisi yang mengandung antioksidan. Hal ini mampu mencegah pembentukan garis-garis halus dan keriput. Cara kerjanya adalah menetralkan radikal bebas yang merugikan agar kulit tetap sehat. Kandungan fitokimianya juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen (antosianin) dan mengurangi peradangan di tubuh (asam ellagic).

4.  Semangka

Semangka adalah buah yang terkenal kaya dengan lycopene. Zat tersebut berguna sebagai antioksidan dan mampu membantu tubuh dalam mengurangi kerusakan UV pada kulit. Semangka juga dapat meningkatkan perlindungan kulit dari sinar matahari karena kandungan phytochemicals-nya.

5.  Lobster

Makanan lainnya yang dapat membuat kamu awet muda adalah lobster. Makanan laut ini memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zat tersebut berguna sebagai antiinflamasi yang dapat membantu untuk mengatasi masalah kulit pada tubuh, salah satunya jerawat.

6. Ikan Berlemak

Konsumsi ikan berlemak juga dapat membuat kamu lebih awet muda. Makanan ini memiliki gizi yang tinggi sehingga mampu menyehatkan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 mampu menjadi penghalang kulit terhadap UV, dan membantu untuk mengurangi peradangan yang dapat merusak kulit. Salah satu jenis ikan berlemak yang direkomendasikan adalah salmon.

Itulah beberapa makanan untuk awet muda yang bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari. Dengan begitu, wajah dan kulit yang tidak menua bisa didapatkan tanpa perlu perawatan medis. Selain itu, tubuh yang sehat juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi makanan sehat ini.

Kamu juga bisa lo menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk bertanya terkait cara agar awet muda. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Untuk itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Foods That Support Healthy Aging.
Eat This. Diakses pada 2022. The 51 Best Foods to Eat to Stay Young, Says Science.