• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan untuk Menunjang Kesehatan Kuku

6 Makanan untuk Menunjang Kesehatan Kuku

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk pada kuku-kuku di jari tangan dan kaki. Sayangnya, tidak banyak orang yang cukup sadar dan melakukan perawatan pada bagian tubuh yang sering diabaikan ini. Menjaga kesehatan kuku, padahal bisa membantu menunjang penampilan hingga menjadi tanda kesehatan, sebab ada beberapa jenis penyakit yang bisa diketahui melalui perubahan pada kuku.

Merawat dan menjaga kuku sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Kamu bisa memilih untuk melakukan perawatan di salon khusus atau perawatan sendiri di rumah. Selain itu, kesehatan kuku yang maksimal juga bisa didapat dengan konsumsi makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa menunjang kesehatan kuku. Penasaran? Simak penjelasannya di artikel ini. 

Baca juga: Deteksi 9 Penyakit Serius Ini Melalui Kesehatan Kuku

Menjaga Kesehatan Kuku dengan Makanan 

Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah serangan penyakit. Rutin mengonsumsi makanan sehat juga bisa menunjang kesehatan kuku di jari kaki dan tangan. Berikut ini jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar kuku tetap sehat: 

1. Buah

Salah satu jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kuku adalah buah-buahan. Agar kuku tetap sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah yang mengandung berbagai vitamin, seperti buah kiwi, pisang, blueberry, blackberry, dan anggur.  

2. Sayur-sayuran 

Asupan vitamin, kalsium, zat besi, dan antioksidan juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku. Kamu bisa mendapatkannya dari konsumsi sayur-sayuran, seperti brokoli dan bayam. Penting mengonsumsi makanan sehat untuk menghindari kondisi kuku melengkung yang bisa menjadi indikasi bahwa tubuh kekurangan asupan zat besi. 

Baca juga: Bukan Cuma Cantengan, 5 Fakta tentang Kuku ini Perlu Diketahui

3. Biji-bijian 

Menjaga kesehatan kuku juga bisa dilakukan dengan konsumsi biji-bijian, terutama yang kaya karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Cobalah untuk mengonsumsi biji-bijian, seperti gandum, beras merah, hingga biji bunga matahari. 

4. Telur

Kandungan protein pada makanan juga penting untuk menjadikan kuku sehat dan kuat. Konsumsi telur juga bisa membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, dan vitamin B12. Kandungan vitamin yang ada pada kuning telur disebut bisa membantu mengembalikan kesehatan kuku yang kering dan rapuh. 

5. Daging

Daging tanpa lemak juga bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Jenis makanan yang satu ini diketahui kaya akan kandungan protein dan zat besi. Penting untuk memenuhi asupan zat besi agar tubuh selalu sehat. Kurang asupan zat besi juga bisa meningkatkan risiko koilonychia, yaitu penyakit pada kuku yang menyebabkan kuku berbentuk sendok. 

6. Kacang-kacangan 

Konsumsi kacang-kacangan dianjurkan untuk menjaga kesehatan kuku. Cobalah untuk mengonsumsi kacang kedelai, kacang polong, ataupun kacang lainnya yang kaya akan protein baik. Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan kuku, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti zat besi, seng, dan biotin yang sangat bagus untuk kesehatan kuku. Kesehatan kuku yang terjaga dengan baik bisa membantu penampilan tetap baik dan menghindari gangguan pada bagian tersebut. 

Baca juga: Ini 6 Cara Merawat Kuku Kaki Agar Terhindar dari Onychomycosis

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2019. Food to Make Finger Nail Stronger.
Health. Diakses pada 2019. 12 Food for Stronger Nail and Thicker Hair.