• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Ampuh untuk Cegah Penuaan Dini (Bagian 1)

6 Makanan yang Ampuh untuk Cegah Penuaan Dini (Bagian 1)

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Coba tebak, organ tubuh mana yang paling berat atau besar? Bukan jantung, bukan otak, bukan pula ginjal? Nah, bagi kamu yang menjawab kulit, tepat sekali. 

Namun, sadarkah kita ketika usia makin bertambah kualitas kulit pun akan berkurang? Seiring bertambahnya usia jumlah sel yang mengandung pigmen akan berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit lebih tipis dan lebih pucat.

Tak cuma itu saja, ada pula gejala lainnya seperti timbulnya bintik-bintik gelap atau dikenal sebagai bintik-bintik penuaan. Biasanya bintik-bintik ini timbul pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Di samping itu, ketika usia bertambah kolagen (protein dalam jaringan kulit) akan menghasilkan lebih sedikit minyak. Hal ini bisa membuat kulit jadi lebih kering dan mudah gatal. 

Untungnya ada banyak krim atau produk kecantikan yang bisa membuat terhindar dari penuaan dini. Contohnya, krim yang kaya vitamin C untuk melawan kerutan kulit. Akan tetapi, sebenarnya mencegah penuaan dini enggak harus selalu lewat produk kecantikan. 

Boleh percaya atau tidak, ternyata makanan yang bergizi seimbang juga bisa mencegah penuaan dini. Pertanyaannya, makanan seperti apa yang bisa membuat kulit tetap awet muda? 

Antioksidan dan Berbagai Vitamin

Dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit, antioksidan dan vitamin C merupakan salah satu zat gizi yang sangat bermanfaat. Vitamin C contohnya. Menurut penelitian vitamin C amat penting untuk sintesis kolagen. Bahkan, mereka yang rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin C memiliki sedikit kerutan dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi vitamin C. 

Sedangkan antioksidan, singkatnya bisa membuat kulit tetap terlihat awet muda meski telah menginjak usia 30-an hingga 50-an tahun.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa mencegah penuaan dini:

  1. Tomat

Mencegah penuaan bisa kok dengan rutin mengonsumsi tomat. Selain vitamin C, tomat kaya akan likopen. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari sengatan matahari dan radikal bebas yang dari paparan sinar ultraviolet. Awas, radikal bebas bisa memecah molekul kolagen dan elastin yang pada akhirnya menyebabkan keriput dan juga peradangan.

Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi pasta tomat setiap hari selama 12 minggu, mengalami sedikit kemerahan pada kulit setelah terpapar sinar ultraviolet. Menariknya lagi, biopsi kulit mengungkapkan bahwa kulit hanya mengalami sedikit kerusakan, bahkan hingga tingkat sel. 

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam kaya vitamin E, vitamin A, atau retinol, yang berperan penting dalam pergantian sel kulit normal. Sayuran hijau juga menjadi sumber beta karoten yang sangat baik,. Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat menumpuk di kulit dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Menariknya lagi, sayuran hijau juga mengandung folat, nutrisi yang penting untuk perbaikan DNA. 

3. Ikan
selain kedua makannya di atas, ikan-ikan tertentu juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Contohnya, salmon, mackerel, sarden, dan trout. Ikan-ikan ini kaya asam lemak omega-3 yang bisa menjaga  kulit tetap kenyal dan lembap.

Ikan-ikan di atas juga bersifat antiinflamasi, sehingga bisa membantu masalah kulit, seperti eksim atau psoriasis. Salmon, mackerel, sarden, dan trout juga kaya protein, vitamin E, dan seng yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit 

4. Kedelai

Rutin mengonsumsi kedelai juga bisa membantu kita terhindar dari penuaan. Kedelai banyak mengandung isoflavon, antioksidan polifenol yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen. Menariknya lagi, nutrisi dalam kedelai juga bisa membantu untuk mengurangi keriput dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Teh hijau

Teh hijau kaya antioksidan bernama katekin. Zat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari.

6. Coklat hitam
Makanan yang bisa membantu mencegah penuaan dini selanjutnya cokelat hitam. Cokelat hitam banyak antioksidan. Menurut  penelitian antioksidan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, melindungi dari sengatan matahari, dan meningkatkan hidrasi kulit.

Bagaimana, tertarik mencoba makanan di atas untuk agar kulit tetap awet muda? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. The Best Anti-Aging Foods for Every Decade, According to Dermatologists.