• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Mengonsumsi makanan tertentu sambil menghindari makanan lainnya bisa membantu pengidap diabetes untuk mengendalikan gula darahnya. Ada berbagai pilihan makanan enak, tetapi juga sehat yang bisa dikonsumsi pengidap. Mulai dari ikan berlemak, sayuran hijau, buah, sampai kacang almond.

Halodoc, Jakarta – Memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi penting bila kamu mengidap diabetes. Pasalnya, pola makan kamu berperan besar dalam mencegah dan mengelola kondisi kesehatan yang kamu miliki tersebut.

Menentukan jenis makanan yang baik untuk pengidap diabetes sebenarnya tidak sulit kok. Kamu hanya perlu mengingat bahwa makanan yang kamu konsumsi harus bisa membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang bisa membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung.

Baca juga: Kadar Gula Darah Tak Terkontrol, Waspada Komplikasi Diabetes Ini

Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Pada dasarnya, pola makan yang dianjurkan untuk pengidap diabetes adalah rendah karbohidrat, rendah gula, dan kaya akan serat, makronutrien yang memperlambat pencernaan, seperti lemak dan protein sehat, serta kaya rasa.

Berdasarkan pola makan tersebut, berikut ini makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2:

  1. Ikan Berlemak

Salmon, sarden herring, teri, dan mackerel adalah jenis ikan berlemak yang baik untuk pengidap diabetes. Hal itu karena makanan laut tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi lemak sehat ini dalam jumlah yang cukup secara teratur bisa mengurangi risiko pengidap diabetes untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, ikan berlemak tersebut juga merupakan sumber protein yang luar biasa yang penting untuk menjaga gula darah.

  1. Bayam

Sayuran hijau, seperti bayam, adalah pilihan sayuran non-tepung yang baik untuk pengidap diabetes. Hal itu karena bayam mengandung lutein, nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Nutrisi tersebut penting bagi pengidap diabetes, mengingat risiko mereka untuk mengalami kebutaan lebih besar daripada mereka yang tidak mengidap diabetes.

  1. Buah Beri

Sedang ingin makan makanan manis? Mengidap diabetes bukan berarti tidak bisa makan manis kok. Hanya saja kamu perlu memilih pemanis yang aman bagi kondisi kesehatan kamu tersebut.

Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry bisa menjadi pilihan camilan yang baik ketika kamu sedang ngidam makanan manis. Buah-buahan beri tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dianggap aman bagi pengidap diabetes. Selain itu, kombinasi kandungan gula yang rendah dan serat yang tinggi juga membuat buah ini ramah diabetes karena meningkatkan gula darah secara bertahap.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

  1. Greek Yoghurt

Untuk sarapan, greek yoghurt bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk pengidap diabetes. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan protein yang merupakan kombinasi sempurna untuk membantu mengontrol tingkat rasa lapar dan gula darah. Dibanding yoghurt biasa, yoghurt Yunani mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

  1. Alpukat

Selain buah beri, alpukat juga merupakan buah enak yang ramah bagi pengidap diabetes. Buah berlemak ini hanya memiliki kurang dari 1 gram gula dan sedikit karbohidrat, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengonsumsinya akan menaikkan gula darah kamu. Selain itu, kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi pada alpukat juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat serta mencegah lonjakan gula darah.

Sebagai bonus tambahan, alpukat diketahui juga bisa menurunkan berat badan dan indeks massa tubuh secara signifikan. Dengan begitu, alpukat bisa menjadi camilan ideal bagi pengidap diabetes, karena bisa mencegah obesitas yang meningkatkan kemungkinan diabetes.

  1. Kacang Almond Mentah

Almond juga merupakan camilan yang baik untuk pengidap diabetes. Selain tidak meningkatkan kadar gula darah, kacang ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Nutrisi tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca juga: 6 Makanan yang Dihindari Pengidap Diabetes

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi pengidap diabetes, karena bisa membantu mengontrol gula darah. Jangan lupa untuk memeriksakan diri secara berkala ke dokter untuk memantau diabetes kamu. Kontrol ke dokter lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Diet for People Living with Diabetes: The Best Foods to Choose and More
Eat This, Not That. Diakses pada 2021. 50 Best Foods for Diabetics.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the best foods for people with diabetes?