• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah

6 Makanan yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Makanan yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah

“Sirkulasi darah yang lancar membuat oksigen dan nutrisi dalam darah bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Sebaliknya, sirkulasi darah yang buruk bisa menyebabkan kamu mengalami berbagai gejala kesehatan yang tidak nyaman. Itulah mengapa, menjaga kelancaran peredaran darah penting. Beberapa makanan dipercaya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.”

Halodoc, Jakarta – Darah adalah cairan penting dalam tubuh yang berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi ke organ, jaringan, otot, dan sistem lainnya. Sirkulasi darah yang baik akan membuat proses pengiriman oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh kamu berjalan dengan optimal.

Sayangnya, ada banyak hal yang bisa mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Mulai dari obesitas, merokok, diabetes, penyakit arteri perifer, dan masih banyak lagi.

Bila peredaran darah dalam tubuh terhambat atau berkurang, kamu pun bisa mengalami berbagai gejala yang tidak menyenangkan, seperti nyeri, kram otot, mati rasa, dan rasa dingin di kaki dan tangan. 

Kondisi tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan. Namun, kamu juga bisa mengatasi masalah sirkulasi darah secara alami dengan mengonsumsi makanan yang bisa melancarkan peredaran darah. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Makanan yang Baik Peredaran Darah

Berikut adalah beberapa makanan yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah:

  1. Cabai Rawit

Buat kamu yang suka makan makanan pedas, pasti senang mengetahui bahwa cabai rawit merah bisa membantu melancarkan peredaran darah. Senyawa di balik rasa pedas cabai rawit yang disebut capsaicin membantu mengendurkan otot-otot yang melapisi pembuluh darah. Hal ini pada gilirannya memungkinkan darah mengalir lebih mudah dan menurunkan tekanan darah.

  1. Bit

Bit adalah sayuran akar yang kaya akan nitrat, senyawa yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat. Bahan kimia ini membantu memperlebar pembuluh darah, sehingga bisa melancarkan peredaran darah.

Pada sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa minum jus bit bisa menurunkan tekanan darah sistolik, yang merupakan angka pertama dari pembacaan tekanan darah.

  1. Buah Beri

Makanan lainnya yang baik untuk peredaran darah dalam tubuh adalah buah beri. Buah yang punya rasa asam yang segar ini kaya akan senyawa bernama anthocyanin, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merah dan ungu buah beri.

Antosianin bermanfaat untuk melindungi dinding arteri dan menjaga pembuluh darah tetap fleksibel. Senyawa ini juga merangsang pelepasan oksida nitrat untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Ikan Berlemak

Bukan tanpa alasan para peneliti menyebut ikan berlemak adalah makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Jenis ikan, seperti salmon, herring, mackerel, trout, dan halibut kaya akan asam lemak omega-3.

Lemak sehat ini mampu meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah saat istirahat. Ikan berlemak merupakan salah satu makanan yang melancarkan peredaran darah dan menjaga agar arteri tidak tersumbat.

Baca juga: Ini 6 Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

  1. Buah Delima

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah berwarna merah, manis dan berair ini bukan? Buah delima kaya nitrat dan antioksidan yang bisa memperlancar peredaran darah. Kedua senyawa tersebut membuat arteri melebar dan menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat darah bisa mengalir dengan baik ke otak, jantung, otot, organ dan jaringan. 

Sebuah penelitian pada 19 orang yang aktif menemukan bahwa mengonsumsi 1000 miligram ekstrak buah delima 30 menit sebelum berolahraga bisa meningkatkan aliran darah, memperlebar diameter pembuluh darah, dan meningkatkan kinerja olahraga.

  1. Bawang Putih

Meskipun menimbulkan bau yang menyengat saat dikonsumsi, bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya memperlancar peredaran darah. Bumbu dapur umum ini kaya akan senyawa yang disebut allicin yang membantu pembuluh darah menjadi rileks.

Orang yang mengonsumsi banyak bawang putih mengalami peningkatan aliran darah melalui jantung. Ketika darah bisa mengalir dengan mudah melalui jantung, beban kerja pada jantung pun berkurang. Hasilnya, tekanan darah akan menurun.

Baca juga: Ketahui Cara Sederhana Memperlancar Peredaran Darah

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi karena bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Bila kamu mengalami gejala kesehatan tertentu yang mengkhawatirkan, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kamu juga bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Rx List. Diakses pada 2021. Healthy Eating: Foods That Help Increase Blood Flow Circulation.
Healthline. Diakses pada 2021. The 14 Best Foods to Increase Blood Flow and Circulation