• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

6 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin sering mendengar imbauan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Namun, bagi pengidap gagal ginjal, makan makanan yang sehat berarti harus melakukan penyesuaian. Sebab, ada banyak makanan, bahkan yang sehat, yang harus dihindari.

Misalnya saja, makanan yang mengandung mineral tingkat tinggi, seperti natrium, kalium dan fosfor. Berbagai mineral tersebut dapat memperberat kerja ginjal dan memicu kerusakan lebih lanjut. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari pengidap gagal ginjal? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Gagal Ginjal Akut atau Gagal Ginjal Kronis, Mana yang Lebih Berbahaya?

Hindari Makanan Ini saat Mengidap Gagal Ginjal

Semakin parah kerusakan ginjal yang dialami, semakin banyak batasan yang mungkin dimiliki dalam memilih makanan. Berikut ini jenis makanan yang harus dihindari pengidap gagal ginjal:

  1. Makanan Tinggi Protein, Terutama Produk Hewani

Produk hewani seperti daging merah, unggas, ikan, dan telur adalah makanan berprotein tinggi. Kamu memang butuh protein untuk membantu membangun otot dan memperbaiki jaringan. Namun, protein juga meninggalkan limbah yang harus dibuang oleh tubuh, dan tugas tersebut diemban oleh ginjal. 

Jadi, terlalu banyak asupan protein dari makanan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras. Pada pengidap gagal ginjal, hal ini dapat mempercepat kerusakan organ tersebut. Namun, karena beberapa protein masih penting, kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan, sayuran, atau roti, nasi, dan pasta rendah sodium.

  1. Garam dan Makanan Asin

Garam, atau natrium, adalah bahan tambahan yang umum digunakan untuk makanan, terutama makanan olahan. Namun, garam berperan penting dalam berapa banyak cairan yang ditahan dalam tubuh. Terlalu banyak cairan memengaruhi tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta paru-paru. 

Ginjal yang sehat biasanya membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Namun, jika kamu mengidap gagal ginjal, hal ini mungkin tidak terjadi. Oleh karena itu, hindari produk tinggi garam seperti kecap dan makanan olahan kemasan. Saat memasak di rumah, coba gunakan rempah-rempah sebagai penambah rasa. 

Baca juga: Tak Hanya Orang Dewasa, Anak-Anak Juga Bisa Terserang Gagal Ginjal Akut

  1. Buah dan Sayuran Tinggi Kalium

Kalium atau potasium dapat memberi tekanan pada ginjal, sehingga harus dibatasi jika mengidap gagal ginjal. Beberapa buah-buahan tinggi kalium yang sebaiknya dihindari adalah melon, pisang, jeruk, plum dan tomat. Selain itu, hindari pula konsumsi soda berwarna gelap, karena kandungan kaliumnya cukup tinggi.

  1. Makanan yang Tinggi Fosfor

Fosfor bermanfaat untuk membantu tubuh membentuk tulang dan gigi, serta membantu tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak. Namun, makanan tinggi fosfor perlu dihindari oleh pengidap gagal ginjal. 

Beberapa makanan tinggi fosfor yang dimaksud adalah produk susu, cokelat, makanan yang dibumbui dan diproses, baking powder, roti gandum, sereal, oatmeal, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan soda berwarna gelap. 

  1. Makanan Tinggi Kalsium

Mineral penting lain yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium. Namun, orang yang ginjalnya mengalami kerusakan perlu membatasi asupan kalsium. Makanan yang dikenal tinggi kalsium adalah produk susu, tetapi juga ditemukan di banyak makanan yang sama yang memiliki kadar fosfor tinggi. 

Baca juga: Seperti InilaH Prosedur Cuci Darah saat Mengalami Gagal Ginjal

  1. Minuman Beralkohol

Kamu mungkin sering mendengar bahwa minuman beralkohol buruk bagi organ hati. Namun, tahukah kamu bahwa minuman ini juga dapat memengaruhi ginjal? Ya, konsumsi minuman beralkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan memengaruhi seberapa baik ginjal menyaring racun. 

Tak hanya itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat tekanan darah meningkat. Padahal, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal, terutama bagi yang ginjalnya sudah bermasalah.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari pengidap gagal ginjal. Bila kamu atau orang terdekat ada yang mengidap penyakit ini dan butuh saran pola makan, gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Foods to Avoid If You Have Bad Kidneys.
Health Grades. Diakses pada 2021. 6 Types of Foods to Avoid When You Have Kidney Disease.
WebMD. Diakses pada 2021. Chronic Kidney Disease.