6 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Pengidap Kanker Serviks

6 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Pengidap Kanker Serviks

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker serviks merupakan salah penyakit yang cukup ditakutkan oleh wanita. Selain disebabkan karena faktor genetik, penyakit ini bisa muncul karena pola hidup seseorang yang kurang baik.

Namun jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Selain melakukan vaksinasi HPV, tidak berganti-ganti pasangan saat berhubungan intim, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang serta menjaga gaya hidup bisa kamu lakukan untuk mencegah atau meringankan penyakit kanker serviks.

Baca juga: Penting untuk Wanita, Ini 4 Cara Mencegah Kanker Serviks

Studi yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer mengatakan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan mengandung antioksidan, flavonoid, folat, karotenoid, vitamin C, vitamin E dan serat tidak mudah terserang virus HPV yang meningkatkan risiko kanker serviks. Beberapa kandungan tersebut mampu lebih cepat membersihkan virus HPV sebelum berubah menjadi sel-sel kanker.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah maupun mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, yaitu:

  • Kubis atau Kol

Kubis adalah  makanan yang baik kamu konsumsi untuk mencegah penyakit kanker serviks. Kubis banyak mengandung kandungan baik untuk melawan virus HPV seperti fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin K, lupeol, dan sinigrin. Sebaiknya jangan memasak kubis terlalu lama karena bisa mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan.

  • Teh Hijau

Konsumsi teh hijau setiap pagi menjauhkan kamu dari penyakit kanker serviks. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat menghambat dan mematikan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Teh hijau baik untuk mengurangi dan mencegah semua jenis kanker.

  • Kacang-kacangan

Memenuhi kebutuhan vitamin E tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit kamu. Vitamin E dapat mengurangi beberapa penyakit seperti penyakit pada pencernaan, hati, maupun kanker. Kamu bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang almond sebagai camilan sehat. Namun, hindari konsumsi kacang-kacangan berlebihan jika kamu juga mengidap asam urat.

  • Wortel

Siapa bilang wortel hanya bagus untuk kesehatan mata? Rutin konsumsi wortel juga bisa terhindar dari penyakit kanker serviks. Hal ini karena wortel mengandung beta karoten dan karotenoid.

Baca juga: Meski Belum Menikah, Wanita Perlu Tahu tentang Pap Smear

  • Buah Beri

Stroberi, raspberi, dan kranberi memiliki kandungan senyawa fitokimia yang mampu menghambat adanya proses inflamasi. Proses inflamasi yang tidak segera diatasi menyebabkan bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Ini menjadi alasan buah-buahan beri ampuh mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, zat lutein yang terkandung bisa ikut mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Daging tanpa Lemak

Pengidap kanker memerlukan banyak asupan protein dalam tubuhnya. Hal ini berguna untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan mencegah adanya infeksi dalam tubuh. Daging tanpa lemak bisa menjadi salah satu pilihan sumber protein yang cukup baik dikonsumsi untuk mengurangi dampak dari kanker serviks.

Kamu bisa perhatikan setiap kandungan pada makanan yang kamu konsumsi. Memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein juga baik untuk mengurangi risiko penyakit kanker serviks. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit kanker. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Waspadai Gejala Kanker Serviks Ini