6 Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

Halodoc, Jakarta - Ketika menstruasi datang, menjadi hal yang umum ketika kamu merasakan ketidaknyamanan di daerah sekitar perut, punggung bagian bawah, dan paha. Selama periode ini berlangsung, otot rahim berkontraksi dan menyebabkan terjadinya kram pada perut. Pada beberapa wanita, kondisi lain yang menyertai adalah mual, muntah, sakit kepala, hingga diare.

Beberapa hal seperti aliran darah yang deras, sensitivitas terhadap prostaglandin, penggunaan alat kontrasepsi, dan masalah hormonal lainnya dapat menyebabkan perut terasa sakit saat menstruasi. Untuk kram yang sifatnya ringan, berikut pengobatan rumahan bisa membantu mengurangi nyerinya, seperti konsumsi makanan untuk nyeri haid berikut ini.

  • Brokoli

Brokoli menjadi menu yang membantu meringankan nyeri haid. Sayuran dengan warna hijau ini mengandung beberapa nutrisi yang terbukti membantu melawan kram menstruasi, seperti vitamin A, C, B6, dan E, serta kalsium, kalium, dan magnesium. Tidak hanya itu, brokoli adalah sumber serat makanan yang baik, yang membantu mengatur kadar estrogen juga menstabilkan sistem pencernaan.

Baca juga: Para Wanita Harus Tahu, Ini 9 Gejala dari Amenorrhea

  • Yogurt Rendah Lemak

Makanan kaya kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi wanita saat sedang menstruasi adalah yogurt rendah lemak. Secangkir yogurt adalah sumber kalsium yang baik, sekaligus mampu memenuhi sekitar 25 persen dari kebutuhan harian kamu.

  • Salmon

Selain kalsium, makanan untuk nyeri haid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah salmon. Salmon mengandung vitamin D yang memenuhi kebutuhan harian tubuh, yaitu sebanyak 100 IU. Selain itu, salmon kaya vitamin B6, yang membantu mengurangi iritabilitas dan nyeri pada payudara. Tidak suka salmon? Coba pilihan lain seperti makarel atau sarden.

Baca juga: Datang Bulan Enggak Teratur, Gara-Gara Miom?

  • Telur

Telur adalah pendukung nutrisi yang paling baik. Coba tambahkan kuning telur dalam menu makanan harian. Kandungan vitamin D, B6, dan E dalam telur bisa membantu melawan reaksi PMS yang membuat tidak nyaman. Ketiganya mampu mengendalikan senyawa kimia pada otak yang memicu terjadinya PMS.

  • Pisang

Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang meringankan rasa kembung pada perut. Kandungan potasium yang terlalu sedikit dapat memicu terjadinya kram otot. Satu buah pisang menggantikan kalium yang hilang seperti ketika kamu berolahraga selama satu hingga dua jam. Namun, jika kamu tidak suka pisang, jeruk bisa menjadi penggantinya.

  • Teh Chamomile

Teh chamomile direkomendasikan untuk nyeri haid karena membantu meredakan kejang otot dan mengurangi keparahan kram menstruasi. Secangkir teh chamomile bebas kafein yang alami membuat PMS tidak terlalu buruk, mengurangi rasa gelisah, sekaligus sifat mudah tersinggung yang disebabkan karena berubahnya hormon ketika haid datang. Jika selera teh herbal kamu berbeda, tidak masalah selama kamu tidak mengonsumsi kafein.

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid Saat di Kantor

Itu tadi beberapa makanan untuk nyeri haid yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan kram pada perut ketika menstruasi bulanan datang menyapa. Kalau kamu merasakan gejala lain saat menstruasi yang tidak biasa, kamu bisa segera menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Download segera aplikasi Halodoc di ponsel kamu!