• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Lansia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Lansia

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Lansia

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami penurunan fungsi organ, termasuk metabolisme. Atinya, kamu harus selektif dalam memilih makanan maupun minuman yang masuk ke tubuh.”

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Lansia

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambahnya usia, tubuh mengalami penurunan fungsi organ, termasuk metabolisme yang melambat. Inilah mengapa, lansia mengalami penurunan nafsu makan dan asupan makanan yang masuk ke tubuh pun berkurang. Ini pastinya selaras dengan penurunan gerak tubuh mereka. 

Meski demikian, lansia harus menjaga asupan makanan tetap baik sehingga kebutuhan gizi tubuh juga terpenuhi. Jadi, lansia tetap memiliki kekebalan tubuh optimal dan tidak mudah terserang berbagai masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan masalah degenerasi. 

Pantangan Makanan untuk Lansia

Agar kondisi tubuh tetap prima, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat usia telah masuk 65 tahun atau lebih. Berikut ini di antaranya:

  1. Daging dan Telur Mentah

Makanan yang disajikan mentah memang terasa lebih nikmat bagi sebagian orang. Namun, sebaiknya lansia tidak mengonsumsinya, karena makanan mentah sudah pasti tidak terjamin kebersihan dan higienitasnya. 

Sudah pasti, dampaknya adalah infeksi parasit yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, pastikan semua makanan sudah dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi. 

  1. Susu yang Tidak Melalui Proses Pasteurisasi

Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi juga kerap dinilai sebagai minuman yang menyehatkan karena kadar mineralnya yang lebih tinggi. Akan tetapi, lansia sebaiknya tidak mengonsumsinya karena susu yang tidak dipasteurisasi mengandung lebih banyak bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. 

Proses pasteurisasi sendiri dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang terdapat dalam susu tanpa menghilangkan kandungan proteinnya. Inilah mengapa, pasteurisasi dilakukan dengan suhu sangat tinggi dan waktu yang sangat singkat. 

  1. Makanan Tinggi Sodium

Makanan pantangan lansia selanjutnya adalah makanan dengan kandungan sodium yang tinggi. Asupan garam berlebihan juga bisa menjadi masalah lain untuk lansia, terlebih apabila memiliki riwayat hipertensi. Sebaiknya, gantilah garam meja dengan bumbu rempah alami lainnya yang bisa memberikan rasa gurih pada makanan. 

Tak hanya itu, selalu cek kandungan natrium yang tertera pada label nutrisi jika membeli makanan dan hendak dihidangkan untuk lansia. Sebab, lansia dengan usia di atas 71 tahun harus membatasi asupan natrium harian tidak lebih dari 1,2 gram saja . 

  1. Kafein

Makanan maupun minuman dengan kandungan kafein tidak hanya membuat kamu sulit tidur. Kandungan tersebut juga meningkatkan kecemasan dan detak jantung menjadi lebih cepat serta tidak beraturan.

Selain kopi, kandungan kafein juga banyak ditemukan pada makanan maupun minuman lain, seperti teh, soda, dan cokelat. Bahkan, kandungan ini juga terdapat pada beberapa jenis obat, salah satunya obat untuk menghilangkan rasa sakit. 

  1. Minuman Bersoda dan Tinggi Gula

Minuman bersoda yang ditambah dengan es pasti terlihat sangat nikmat jika cuaca sedang panas. Namun, minuman bersoda dan minuman penambah stamina lain memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Satu porsi minuman cola mengandung 39 gram gula dalam satu porsi 12 ons, yang mana kandungan ini setara dengan hampir 10 sendok teh gula.

Apabila seorang lansia mengidap prediabetes, mengonsumsi minuman tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah sekaligus risiko terjadinya diabetes. Tak hanya itu, kelebihan gula juga dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

  1. Makanan Rendah Lemak

Tidak sedikit orang yang benar-benar menghindari asupan lemak demi menjaga kesehatan tubuhnya. Padahal, menghindari makanan dengan lemak (yang sehat) bukan hal yang disarankan. Lemak sehat, seperti yang ditemukan pada ikan, kacang, dan minyak zaitun, memiliki manfaat melindungi kesehatan jantung.

Selain itu, lemak sehat juga membantu lansia terhindar dari banyak masalah kesehatan, memberikan perlindungan untuk otak, sendi, dan menjadi cadangan energi untuk tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk memilih asupan makanan yang mengandung lemak sehat. 

Selain menjaga asupan makanan, lansia juga tidak boleh lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat lainnya. Ini termasuk rajin olahraga, menghindari stres, tidak merokok, dan menghindari mengonsumsi minuman beralkohol. 

Selain itu, pastikan juga lansia mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tidak begadang, dan mengonsumsi vitamin jika memang diperlukan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Beli vitamin di Toko Kesehatan melalui aplikasi Halodoc dan kamu bisa berhemat hingga 50% setiap hari Selasa. Pasti Gratis Ongkir + Jaminan Termurah*, lho! Cek syarat dan ketentuannya, ya! Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga! (*S&K berlaku)

Referensi:
Sun Health Communities. Diakses pada 2022. 8 Foods Older Adults Should Avoid Eating.
NHS UK. Diakses pada 2022. Foods to Avoid If You’re Over 65.