• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Desember 2022

“Beras porang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan saat dikonsumsi secara rutin. Nah, beberapa diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula darah tetap normal.”

6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Beras porang merupakan makanan menyehatkan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Hasil olahan dari umbi porang ini memang kerap dibuat menjadi beras shirataki. Saat dikonsumsi secara rutin, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Beras Porang

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat beras porang saat dikonsumsi secara rutin adalah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya.

Di sisi lain, beras ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, kandungan lemaknya sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

2. Meredakan Peradangan

Beras porang juga sangat baik dalam menurunkan peradangan pada tubuh. Sifat antikoagulan dan antiinflamasi yang terkandung pada makanan ini dapat mencegah penggumpalan pada arteri dan mengurangi tekanan darah tinggi. Pada akhirnya, peradangan pada tubuh menurun dan mampu melindungi kesehatan jantung.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika ingin menjaga kadar gula darah tetap normal, mengganti beras yang biasa dikonsumsi dengan porang bisa menjadi solusi yang tepat. Sebab, indeks glikemik pada makanan ini di bawah 51, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik bagi seseorang dengan diabetes sekalipun.

Beras porang dapat mencegah lonjakan kadar darah secara tiba-tiba dan meningkatkan produksi insulin pada tubuh. 

4. Membuang Racun pada Tubuh

Porang juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan fungsi hati. Sehingga, detoksifikasi bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, makanan ini dikenal dengan sifat hepatoprotektifnya, yaitu mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga mencegah parasit untuk berkembang biak.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ada banyak sekali kandungan pada beras porang yang dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, fokus, dan konsentrasi. Nah, beberapa nutrisi tersebut, seperti asam lemak omega-3, zinc, selenium, magnesium, hingga fosfor.

Bahkan, dengan mengonsumsi makanan ini secara rutin dapat membantu seseorang dalam melawan depresi, kecemasan, hingga pencegahan gangguan neurodegeneratif. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan ini pada menu harian.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Porang juga dapat menjadi probiotik alami yang mampu melindungi kesehatan usus. Dengan begitu, sistem imunitas tubuh lebih terjaga kemampuannya dalam melindungi dari berbagai penyakit.

Selain itu, fungsi antibakteri dalam makanan yang berasal dari umbi-umbian ini juga mampu melawan infeksi, membersihkan racun, serta mengatasi berbagai masalah pencernaan agar tetap sehat.

Itulah berbagai manfaat dari konsumsi beras porang terhadap kesehatan yang bisa dirasakan. Maka dari itu, pastikan untuk mengganti beras yang dikonsumsi harian dengan porang, bahan dasar yang lebih menyehatkan. Namun sebelum itu, sebaiknya untuk berdiskusi dengan dokter pribadi terlebih dahulu untuk menghindari berbagai efek sampingnya.

Jika memiliki pertanyaan lainnya terkait beras porang, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Net Meds. Diakses pada 2022. Kanda/Elephant Foot Yam/Suran: Health Benefits, Nutrition, Uses and Recipes.
Pharm Easy. Diakses pada 2022. Elephant Yam: Uses, Benefits, Side Effects and More!