• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Edamame yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

6 Manfaat Edamame yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Manfaat Edamame yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

“Banyak orang hobi mengonsumsi camilan. Namun, kebanyakan dari mereka gemar mengonsumsi camilan manis, yang tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika hobi mengonsumsi camilan, kamu bisa mencoba edamame. Selain mengenyangkan karena asupan lengkap di dalamnya, manfaat edamame juga dapat membantu menurunkan berat badan.”

Halodoc, Jakarta – Edamame termasuk jenis kacang yang sangat mudah ditemukan, terutama di benua Asia. Keledai khas Jepang ini umumnya dikonsumsi seseorang yang sangat tertarik dengan makanan sehat. Kandungan vitamin A, C, K, serat, protein, zat besi, zat tembaga, isoflavon, dan kandungan baik lainnya berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh, yang dapat mencegah risiko serangan penyakit. Lantas, apa benar edamame dapat membantu menurunkan berat badan?

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Mampu Mengusir Bad Mood

Membuat Rasa Kenyang Bertahan Lama

Edamame bisa menjadi camilan sehat yang dapat dikonsumsi setiap hari. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah dengan cara dikukus, dijadikan tambahan sup, atau sebagai campuran salad sayur. Jika dikonsumsi, sejumlah kandungan baik di dalamnya dapat menimbulkan rasa kenyang, sehingga nafsu makan tetap terkontrol.

Edamame juga mengandung tinggi protein dan serat, yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal tersebut dapat mencegah kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan di jam makan selanjutnya. Manfaat edamame yang satu ini dapat kamu rasakan jika mengonsumsi setengah cangkir edamame setiap hari. Dalam setengah cangkir saja, kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari sudah tercukupi dengan baik.

Baca juga: 4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat

Manfaat Edamame Lainnya

Manfaat edamame bukan hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja. Jenis kacang yang satu ini juga memiliki sejumlah manfaat baik, seperti:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Edamame mengandung tinggi protein, vitamin K, antioksidan, dan serat. Sejumlah kandungan baik tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk komplikasi akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. 

2. Menunjang Kesehatan Otak

Isoflavon yang terkandung dalam edamame dapat menurunkan risiko kerusakan fungsi kognitif otak. Jika sudah terjadi kerusakan fungsi kognitif otak, demensia dan Alzheimer berisiko tinggi muncul di kemudian hari.

3. Menunjang Kesehatan Jantung

Lagi-lagi, kandungan isoflavon dalam edamame dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika aliran darah menuju organ jantung tidak mengalami kendala, kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

4. Mencegah Kanker Payudara

Isoflavon adalah senyawa yang berkaitan dengan estrogen, yaitu hormon kewanitaan yang berhubungan dengan sel kanker payudara. Mengonsumsi edamame dinilai mampu menghambat berkembangnya sel-sel ganas tumor.

5. Meminimalkan Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit yang rentan menyerang pria. Ternyata, risikonya dapat diturunkan dengan rutin mengonsumsi edamame. Penyakit ini menyerang kelenjar prostat pria, yang ditandai dengan gangguan saat berkemih. 

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat edamame yang satu ini bisa didapatkan oleh para pengidap diabetes. Edamame dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Terlalu banyak mengonsumsi asupan karbohidrat dari nasi justru membuat kadar gula darah pengidap diabetes menjadi tidak stabil.

Baca juga: Ketahui 8 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya

Itulah beberapa manfaat edamame yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsinya. Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu tetapi ingin mengonsumsi edamame, diskusikan terlebih dulu dengan dokter lewat aplikasi Halodoc, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download di sini, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2021. Edamame & Weight Loss.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Surprising Health Benefits of Edamame.
WebMD. Diakses pada 2021. The Secret of Edamame.