• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah

6 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah

“Sama seperti minyak esensial lainnya, jojoba oil memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Rutin menggunakan jojoba oil akan memberikan manfaat perlindungan, mengatasi jerawat, hingga menunda penuaan kulit wajah. Pastikan kamu tidak alergi dengan minyak ini dengan mengetesnya terlebih dulu.”

Halodoc, Jakarta – Jojoba adalah tanaman yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman jojoba yang tumbuh di iklim gurun ini menghasilkan kacang dengan banyak khasiat penyembuhan. Biji tanaman jojoba bisa dibuat menjadi minyak. Jojoba oil cukup lembut untuk digunakan sebagai campuran minyak esensial lainnya. 

Saat ini banyak orang menggunakan jojoba oil sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah. Banyak bukti yang mendukung penggunaan jojoba oil murni sebagai obat jerawat, kulit kering, dan kondisi kulit lainnya.

Baca juga: Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Kenali Kegunaan Jojoba Oil untuk Kulit Wajah

Mulai dari melembapkan hingga mengatasi jerawata, berikut ini beberapa manfaat jojoba oil untuk kecantikan kulit wajah:

1. Melindungi Kulit

Jojoba oil mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin A dan E, dan asam lemak omega-6, yang menjadi komponen penting dari pelindung kulit. Zat tersebut juga berperan sebagai humektan yang bekerja untuk mempertahankan kelembapan kulit. Lapisan pelindung ini, dikombinasikan dengan efek antiinflamasi dari vitamin E, memberikan kulit pernapasan yang diperlukan untuk fokus pada penyembuhan. 

2. Mengatasi Jerawat

Komposisi jojoba oil memungkinkannya untuk meniru sebum kulit, maka itu jojoba oil bermanfaat untuk menyeimbangkan kulit dengan tidak memproduksi minyak berlebih di area kulit yang tidak membutuhkan.

Jojoba oil juga bersifat antimikroba yang bisa menangkal jenis bakteri tertentu, sehingga jadi pilihan yang baik untuk kulit berjerawat. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes jojoba oil ke wajah dengan kapas setelah membersihkan dan menggunakan toner.

3. Menunda Tanda-Tanda Penuaan

Jojoba oil secara alami kaya akan vitamin E, antioksidannya membantu kulit mempertahankan diri dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Jojoba oil juga kaya akan asam amino, yang merupakan bahan pembentuk kolagen. Alhasil, kemunculan garis-garis halus dan kerutan, serta perbaikan tekstur, warna dan elastisitas kulit berkurang dan tertunda. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

4. Menenangkan Kulit Kering

Mirip dengan minyak lainnya, jojoba oil sangat bagus untuk menenangkan kulit kering yang teriritasi. Ia juga memiliki manfaat antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit, serta memberikan hidrasi yang dibutuhkan untuk pulih. 

5. Mengatasi Luka Dingin

Jojoba oil mengandung docosanol (bahan aktif dalam krim dingin bebas resep), yang bermanfaat menghambat virus masuk ke sel kulit yang sehat. Cukup oleskan jojoba oil yang sudah diencerkan ke luka dingin dengan kapas bersih. 

6. Menghapus Makeup

Kamu bisa menggunakan jojoba oil untuk menghapus makeup, karena sifatnya yang ringan dan tidak berminyak. Itulah yang membuat jojoba oil bisa digunakan sebagai penghapus makeup. Pijatkan beberapa tetes jojoba oil ke wajah, dan biarkan selama sekitar satu menit. Basahi kain lap lembut dengan air hangat dan bersihkan riasan secara lembut. 

Baca juga: Supaya Cantik Maksimal, Ikuti Urutan Skincare Korea Ini

Cara Menggunakan Jojoba Oil sebagai Perawatan Kulit Wajah

Tidak seperti beberapa minyak esensial lainnya, jojoba oil tidak perlu diencerkan dan bisa dioleskan langsung ke kulit. Sebelum menggunakan jojoba oil, atau produk kosmetik apapun untuk pertama kalinya, kamu harus melakukan uji tempel untuk memastikan kamu tidak alergi.

Kamu bisa melakukan uji tempel dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Oleskan pada lengan bagian dalam sebanyak tiga atau empat tetes jojoba oil.
  • Tutupi area tersebut dengan perban dan tunggu 24 jam.
  • Lepaskan perban dan periksa kulit di bawahnya. Jika tidak ada tanda-tanda gatal, kemerahan, atau iritasi, maka kamu aman.

Cara menggunakan jojoba oil tergantung pada hasil yang diinginkan. Kamu bisa menggunakannya sebagai lip balm untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah, atau kamu bisa mengoleskannya ke seluruh wajah sebelum tidur sebagai serum anti-aging

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat jojoba oil untuk kecantikan kulit. Jika ternyata kamu tidak cocok dengan minyak ini dan mengalami efek samping, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 13 Reasons to Add Jojoba Oil to Your Skin Care Routine
Prevention. Diakses pada 2021. 11 Ways to Use Jojoba Oil for Healthier Skin and Hair, According to Dermatologists
Everyday Health. Diakses pada 2021. Beyond Coconut: 7 Other Natural Oils for Smooth and Radiant Skin