• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Jus Pinang Muda bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Jus Pinang Muda bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Jus Pinang Muda bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Desember 2022

“Manfaat jus pinang muda sangat banyak. Minuman ini bisa mengatasi berbagai masalah, mulai dari penyakit mulut sampai masalah pencernaan.”

6 Manfaat Jus Pinang Muda bagi Kesehatan Tubuh6 Manfaat Jus Pinang Muda bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta –  Mengonsumsi pinang muda merupakan bagian dari tradisi beberapa suku di Indonesia. Sebagai bagian dari tradisi, kebiasaan mengonsumsi pinang muda ini tidak boleh dilewatkan, baik dalam upacara tradisional maupun dalam rutinitas sehari-hari.

Sebenarnya dari segi kesehatan, makan pinang muda punya banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menguatkan gigi. Selain itu, air pinang ataupun jus pinang muda memiliki efek stimulasi untuk sistem saraf pusat sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan, kewaspadaan, stamina, kebahagiaan, dan euforia. Informasi selengkapnya mengenai manfaat jus pinang muda bagi kesehatan bisa kamu baca di sini!

Manfaat Jus Pinang Muda

Jus pinang muda memiliki rasa pedas, pahit, manis, asin, dan astringen yang memiliki efek pengerutan pori. Konsumsi jus pinang muda dapat membunuh cacing, menghilangkan dahak, mengatasi bau tak sedap, serta menyehatkan mulut dan gigi. 

Selain untuk rekreasi, jus pinang muda baik untuk masalah kesehatan lainnya seperti skizofrenia, glaukoma, pencernaan yang buruk, dan banyak kondisi lainnya.  Jus pinang muda juga kerap digunakan untuk rileks karena melancarkan kerja  sistem saraf pusat (SSP). Pinang pun diduga memengaruhi bahan kimia tertentu di otak dan bagian lain dari sistem saraf pusat sehingga memberikan efek relaksasi.

Berikut manfaat jus pinang muda lainnya:

1. Meningkatkan Energi

Mengunyah buah pinang dapat meningkatkan energi. Mungkin itu sebabnya orang-orang zaman dulu kerap menjadikan mengunyah buah pinang sebagai kebiasaan saat berinteraksi dengan relasinya. 

Nah, bila dijus, buah pinang muda juga dapat menghasilkan efek yang sama. Ini kemungkinan karena alkaloid alami pada pinang muda yang melepaskan adrenalin dapat memberikan perasaan euforia dan rasa bahagia.

2. Melawan Kanker

Jus pinang muda dapat mengatasi berbagai masalah mulai dari penyakit mulut sampai masalah pencernaan.  Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, buah pinang memiliki sifat melawan kanker.

Meski begitu, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk menggali lebih dalam mengenai manfaat jus pinang muda untuk kanker.

3. Menyegarkan Pernapasan

Mulut kering biasanya merupakan kondisi yang diakibatkan oleh diabetes. Bibir pecah-pecah dan bau mulut adalah gejala yang mengiringi kondisi mulut kering.

Dengan mengunyah buah pinang atau minum jus pinang muda, mulut dapat menghasilkan lebih banyak air liur. Ini pun bisa membantu mencegah mulut kering dan kondisi terkait secara efektif.

4. Memutihkan Gigi

Gaya hidup seperti minum kopi, teh, dan merokok, dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Untuk mencegah pewarnaan atau menguningnya gigi, dapat diupayakan dengan cara minum jus buah pinang. 

5. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Konsumsi jus buah pinang dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi, mengurangi keputihan, dan memperbaiki ketidakseimbangan hormon. Selain itu, dengan mengonsumsi pinang sebelum siklus menstruasi, ini dapat membantu mengurangi kram vagina, dan nyeri perut.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Buah pinang dapat meningkatkan konsentrasi dan rangsangan kognitif. Dengan minum jus buah pinang, pengemudi yang melakukan perjalanan di malam hari dapat tetap waspada dan mencegah terjadinya kecelakaan. Orang-orang yang dalam pekerjaannya membutuhkan kewaspadaan mental yang tinggi dapat mengkonsumsi buah pinang untuk meningkatkan fokus.

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar manfaat jus pinang muda ataupun isu kesehatan lainnya, bisa ditanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, jangan ditunda, segera download Halodoc ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Dangerous Is Betel Nut?
Drugs.com. Diakses pada 2022. Betel Nut.
WebMD. Diakses pada 2022. Betel Nut.
Lybrate.com. Diakses pada 2022. Betel Nut.