6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta - Dari zaman dulu, beragam cara digunakan banyak wanita untuk mendapatkan kulit yang mulus, cerah, kenyal, dan cantik. Mulai dari obat-obatan, kosmetika, hingga lika-liku ramuan tradisional.

Nah, sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, tak harus melulu lewat beragam krim kecantikan atau obat-obatan. Sebab, ada beragam cara lainnya yang bisa kita coba, salah satunya lewat kulit jeruk. 

Jangan salah lho, kulit jeruk ternyata sudah digunakan berabad-abad lamanya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Ternyata kulit jeruk menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit agar sehat dan bercahaya. Kulit jeruk mengandung vitamin B dan C yang menjadi kunci antipenuaan.

Nah, berikut beberapa manfaat kulit jeruk untuk kecantikan.

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

1. Menangkal Radikal Bebas

Seperti penjelasan di atas, kulit jeruk sebenarnya mengandung vitamin C. Setiap 100 gram kulit jeruk mengandung 136 miligram vitamin C, sedangkan bagian dalam yang ‘berdaging’ di bawah kulitnya hanya memiliki 70 miligram/100 gram.

Ingat, vitamin C tidak hanya memerangi radikal bebas yang menghancurkan sel-sel kulit. Manfaat kulit jeruk yang kaya vitamin C juga bisa  membantu menambah kulit lebih cerah dan bersinar. Inilah sebabnya banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan kulit jeruk sebagai komposisinya. 

2. Memutihkan Kulit

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan juga bisa membantu kita untuk memutihkan kulit. Kulit jeruk berfungsi sebagai pemutih alami dan dapat membantu menghilangkan noda gelap seiring waktu. Caranya mudah kok, pastikan untuk melarutkan campuran kulit jeruk sebelum dioleskan pada wajah. Sebab, kulit jeruk mengandung banyak asam sitrat yang mungkin bisa membuat kulit iritasi atau timbulnya sensasi terbakar. 

3. Bantu Hilangkan Komedo

Masker kulit jeruk juga dapat membantu untuk menghilangkan komedo. Untuk membuat masker kulit jeruk mudah kok, caranya campurkan satu bagian yogurt dengan  bubuk kulit jeruk untuk membuat masker kulit. Selanjutnya, oleskan masker ke wajah dengan gerakan memutar lembut. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 

Baca juga: 5 Buah yang Membuat Kulitmu Semakin Mulus

4. Toner Alami Kulit

Selain tiga hal di atas, manfaat kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai toner alami kulit. Ingat, vitamin C dan antioksidan dalam kulit jeruk sangat melimpah. Hal inilah yang bisa membantu untuk melembapkan kulit dan mengatasi minyak berlebih pada wajah. 

Ketika digunakan sebagai toner alami, kulit jeruk bisa menghilangkan sel-sel mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. 

5. Melawan Keriput

Kulit jeruk mengandung antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit yang sehat. Awas, radikal bebas bisa menyebabkan keriput dan kulit wajah mengendur. Selain mengandung antioksidan, kulit jeruk juga mengandung kalsium yang efektif untuk melindungi kulit dari penuaan dini.

6. Memperbarui Sel-Sel Kulit

Ternyata kalsium tak hanya bermanfaat bagi kulit saja, tetapi juga memiliki beragam keistimewaan bagi kulit. Kalsium bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit yang sudah usang dan mencegah kerusakan DNA.

Setiap 100 gram kulit jeruk mengandung 161 miligram kalsium. Kira-kira  16 persen dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan.

Nah, bagaimana tertarik memanfaat kulit jeruk untuk kecantikan kulit? Agar aman dan efektif, cobalah tanyakan pada dokter kulit untuk memanfaatkan kulit jeruk dengan benar dan tepat. Kamu bisa kok kapan dan di mana saja bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2019. These Orange Peel Skin Benefits Are A Big Deal, So Don't Toss Them After You Snack.
Pulse.com.gh. Diakses pada 2019. 4 simple ways to use orange peels for skin.