• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Apakah ibu sering membacakan cerita pengantar tidur untuk anak? Ternyata membacakan cerita untuk anak adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun koneksi saraf "bahasa" di otaknya yang sedang tumbuh. Membacakan cerita untuk anak juga bisa menjadi kebiasaan sehat yang mampu mendukung perkembangan kognitifnya. Meskipun saat ini ibu sudah bisa menggunakan gadget yang canggih untuk menghibur dan menenangkan anak sebelum tidur, akan tetapi dongeng yang diceritakan secara langsung punya kelebihan tersendiri.

American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa membaca untuk anak-anak dan bersama anak-anak adalah acara yang sangat menggembirakan dan cara membina hubungan, serta membantu perkembangan bahasa. Ibu juga tidak perlu menunggu sampai anak masuk sekolah untuk melakukannya, karena ini bisa menjadi bagian dari rutinitas biasa.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Minat Anak Baca Buku

Manfaat Membacakan Cerita untuk Anak

Ada beberapa manfaat membaca buku untuk anak yang bisa didapatkan, antara lain:

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Caroline Blakemore, penulis Baby Read-Aloud Basics, mengungkapkan bahwa mendongeng dapat merangsang kemampuan berbahasa anak. Ketika ibu membacakan buku cerita, anak akan mengamati dan belajar berbagai macam kosakata baru yang belum pernah ia tahu sebelumnya. Dengan begitu, kemampuan berbahasa akan meningkat dan ia bisa menggunakan kosakata yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu. Biasanya, anak perempuan yang lebih cepat merasakan manfaat ini karena anak perempuan memiliki fokus yang lebih tinggi ketika mendengarkan cerita, dibanding anak laki-laki.

Saat ia sudah masuk sekolah, anak yang gemar dibacakan cerita oleh orang tuanya juga tak hanya pintar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Secara umum ia akan menguasai pelajaran, karena semua mata pelajaran membutuhkan kemampuan membaca yang baik juga untuk dikuasai.

Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang diwarnai dengan imajinasi dan kreativitas. Namun, setiap anak tidak mengalami tingkat perkembangan imajinasi yang sama. Nah, ibu dapat mengasah daya imajinasi anak dengan membacakan dongeng untuknya secara rutin, sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang kreatif. Bacakanlah cerita dengan menggunakan intonasi yang tidak monoton dan gerakan tangan agar anak dapat membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut di dalam pikirannya. 

Melatih Daya Ingat

Di tengah-tengah bercerita, ibu bisa tiba-tiba bertanya kepada anak, “Tadi siapa ya nama kakek yang membuat Pinokio?” untuk melatih daya ingatnya. Ibu juga bisa menanyakan kembali keseluruhan cerita dongeng keesokkan harinya. 

Baca juga: Agar Tumbuh Cerdas, Terapkan 4 Kebiasaan Ini pada Anak

Memperkenalkan Hal-hal Baru

Buku cerita anak-anak biasanya memiliki gambar-gambar dengan warna yang menarik. Ketika bercerita, ibu juga bisa sambil memperkenalkan kepadanya tentang hal-hal yang ada di dalam buku cerita tersebut, misalnya seperti gambar, bentuk, warna, huruf, angka, dan lain-lain.

Membangkitkan Minat Baca Anak

Dengan membacakan buku cerita kepada anak sejak kecil, ibu secara tidak langsung akan membangkitkan minat bacanya. Anak akan ketagihan untuk mendengarkan cerita-cerita menarik lainnya dari ibu dan akan dengan sendirinya tertarik untuk membaca buku.

Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Saat sedang membacakan buku cerita untuk anak, ibu dapat sambil memeluknya, bercanda dengannya dan bermanja-manja. Hal ini akan mempererat hubungan ibu dengan anak. 

Baca juga: 5 Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Namun, membaca bukanlah satu-satunya cara untuk membantu perkembangan bahasa dan literasi anak. Bercerita, menyanyikan lagu, dan mengucapkan puisi bersama juga merupakan kegiatan yang bagus untuk keterampilan literasi anak. Ini juga pastinya akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama, bahkan terkadang anak mungkin menikmati aktivitas ini lebih dari membaca.

Jika ibu ingin tahu kegiatan lain yang bisa membantu merangsang kecerdasan anak, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter anak atau psikolog di Halodoc. Dokter dan psikolog akan memberikan saran yang tepat untuk membantu merangsang kecerdasan anak. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter atau psikolog hanya di Halodoc!


Referensi:
Cam Everland Primary School. Diakses pada 2021. 10 Benefits of Reading.
Rasie Smart Kid. Diakses pada 2021. 16 Benefits of Reading To Your Child.
Raising Children Network (Australia). Diakses pada 2021. Reading and Storytelling with Babies and Children.