• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Mangga bisa dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya dibuat jus. Mengonsumsi jus mangga secara rutin mampu mendatangkan khasiat kesehatan.”

6 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Mangga adalah buah-buahan yang tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia. Di dalamnya terdapat senyawa amilase yang berfungsi untuk melarutkan makanan di perut dan memecah karbohidrat kompleks yang cenderung susah dicerna.

Dalam satu mangga seberat 156 gram, terdapat 67 persen kandungan vitamin C. Angka ini terbilang cukup untuk memenuhi nutrisi harian bagi tubuh.

Penelitian mengaitkan jika rajin mengonsumsi mangga juga bisa mendapatkan benefit kesehatan. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker dan beberapa manfaat lainnya antara lain:

1. Mencegah diabetes

Buah ini punya cita rasa manis yang berasal dari kandungan gula alaminya. Satu buah mangga berukuran sekitar 165 gram bisa mengandung 22 gram gula alami. Tak usah khawatir soal jumlahnya yang cukup tinggi. Tidak ada penelitian yang membuktikan kalau mangga bisa memicu diabetes.

Malahan, hampir sebagian besar studi mengungkap kalau sering mengonsumsi buah-buahan mampu menurunkan risiko diabetes. Perlu digaris bawahi jika manfaat tersebut berlaku pada jus mangga yang tidak ditambahi gula, ya!

Kendati tidak terbukti memicu diabetes, mangga berpotensi memicu lonjakan gula darah dalam satu waktu. Efek ini hanya bisa terjadi ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi mangga dalam jumlah sedang saja. Sandingkan dengan makanan lain yang kaya serat dan protein untuk mencegah kondisi di atas. 

2. Mencegah radikal bebas

Mangga dikemas dengan tujuh jenis antioksidan. Zat tersebut terkonsentrasi pada daging, kulit bahkan inti bijinya. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Senyawa yang sangat reaktif ini dapat merusak sel sehingga meningkatkan potensi penyakit kronis dan mempercepat penuaan. 

Di antara ketujuh antioksidan tersebut, magniferin adalah salah satu jenis yang paling kuat. Dalam sebuah penelitian, zat tersebut mampu melawan radikal bebas pemicu kanker, diabetes, dan penyakit mengerikan lainnya.

3. Padat nutrisi

Satu cangkir (165 gram) minuman sehat ini mampu melengkapi 10 persen kebutuhan vitamin A harian kamu. Komponen tersebut mampu menjaga imun tubuh agar terhindar dari infeksi. Buah asli Asia Selatan ini juga melengkapi 75 persen kebutuhan vitamin C harian. Nutrisi lain yang terkandung dalam mangga antara lain folat, tembaga, vitamin E dan vitamin B. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Magnesium dan potasium punya khasiat menurunkan tekanan darah dan mengatur denyut nadi. Kedua nutrisi tersebut ada pada buah mangga. Selain itu, peradangan jantung juga bisa diminimalisir melalui kandungan magniferinnya.

5. Mendukung kesehatan mata

Mangga mengandung dua nutrisi penting untuk mata, yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya terkonsentrasi di bagian pusat retina mata yang disebut makula. Nutrisi tersebut bertindak sebagai tabir surya alami. Mereka bekerja dengan menyerap cahaya berlebih dari matahari dan melindungi mata dari cahaya biru yang berasal dari elektronik.

6. Rendah kalori

Jika kamu sedang menjalani diet, mangga bisa menjadi pilihan jus yang rendah kalori. Satu cangkir (165 gram) mangga segar mengandung kurang dari 100 kalori. Penelitian mengungkap, konsumsi buah segar seperti mangga di awal makan dapat mencegah potensi akan berlebihan.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Health Benefits of Mango.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Mangos.