• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Mengonsumsi Probiotik bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Mengonsumsi Probiotik bagi Kesehatan

6 Manfaat Mengonsumsi Probiotik bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Mei 2022

“Probiotik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menyehatkan pencernaan, jantung, hingga kesehatan mental.”

6 Manfaat Mengonsumsi Probiotik bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tidak semua bakteri memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Seperti misalnya probiotik, bakteri baik yang justru bisa mendukung kesehatan tubuh. Manfaat probiotik bagi pencernaan mungkin sudah banyak yang tahu.

Namun, sebenarnya ada banyak manfaat menakjubkan lainnya dari Si Bakteri Baik ini, lo. Yuk simak pembahasannya!

 Mengenal Manfaat Probiotik bagi Tubuh

Probiotik dibutuhkan tubuh untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik. Bakteri baik ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, dengan berbagai cara:

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat probiotik yang perlu dipahami:

1. Baik untuk Usus

Probiotik mungkin paling dikenal karena dampaknya terhadap kesehatan usus. Ini dapat membantu menjaga bakteri baik di usus untuk bekerja dengan baik. Ketidakseimbangan bakteri di usus dapat memicu berbagai masalah pencernaan. 

Nah, dengan mengonsumsi probiotik, jumlah mikrobioma usus akan meningkat. Probiotik juga dapat menjaga kenyamanan perut dengan membantu mengurangi gas dan kembung.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat lain dari probiotik adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena bakteri usus memainkan peran penting dalam metabolisme. Bakteri baik ini terlibat dalam segala hal, mulai dari pencernaan hingga produksi dan penyimpanan energi dan bahkan pengaturan nafsu makan.

3. Menyehatkan Kulit

Probiotik tidak hanya menghasilkan keajaiban di dalam tubuh. Ini juga dapat memberi dampak positif pada tubuh bagian luar alias kulit. Mengapa bisa demikian?

Sebab, kulit pada dasarnya memiliki bakteri. Nah, asupan probiotik dapat membantu mikrobioma yang ada di kulit. Dalam hal ini, probiotik oral dan topikal dapat membantu.

 4. Baik untuk kesehatan vagina

Probiotik juga memiliki manfaat untuk kesehatan urogenital. Seperti saluran usus, vagina juga memiliki bakteri baik yang perlu dijaga keseimbangannya. Strain Lactobacillus yang dominan dapat mencegah mikroorganisme berbahaya berkembang.

Namun, sistem tersebut dapat menjadi tidak seimbang oleh sejumlah faktor, termasuk antibiotik, spermisida, dan pil KB. Mengonsumsi probiotik dapat membantu mengatasi masalah urogenital wanita umum seperti bakterial vaginosis, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

 5. Menyehatkan Jantung

Percaya atau tidak, manfaat probiotik bahkan dapat meluas ke jantung, lo. Studi pada 2018 di jurnal Medicine meninjau lebih dari 30 uji klinis acak tentang hal ini. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa konsumsi probiotik dapat secara signifikan dan positif memengaruhi kadar kolesterol total. Meski begitu, penelitian lebih lanjut mengenai ini mungkin diperlukan.

Selain itu, menurut studi pada 2014 di jurnal Hypertension, probiotik juga memiliki manfaat untuk tekanan darah. Tepatnya pada tekanan darah sistolik (angka atas) dan diastolik (angka bawah). Manfaat ini diklaim hampir sama dengan makan makanan rendah garam.  

6. Baik untuk Kesehatan Mental

Mengonsumsi probiotik juga dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan mental. Sebab, probiotik disebut-sebut dapat mengurangi respons stres tubuh dan secara positif memengaruhi fungsi kognitif. Bakteri baik di usus mampu memproduksi neurotransmiter yang menstabilkan suasana hati, seperti serotonin dan dopamin.

Nah, karena memiliki hubungan langsung dengan sistem saraf pusat, melalui jalur yang disebut saraf vagus, bakteri baik memainkan peran kunci dalam mengatur suasana hati.

Efek nyata mengenai manfaat probiotik ini pernah diteliti dan dipublikasikan di jurnal Gastroenterology pada 2014. Peneliti menemukan bahwa ketika wanita diperlihatkan gambar wajah marah, mereka yang makan yoghurt dua kali sehari selama empat minggu sebelumnya merasa lebih tenang dibandingkan yang tidak makan yoghurt. Meski begitu, penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek probiotik pada kesehatan mental masih diperlukan.

Nah itulah pembahasan mengenai berbagai manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh. Meski konsumsi probiotik penting, kamu tetap perlu memenuhi asupan nutrisi lain dalam jumlah seimbang jika ingin sehat.

Kalau merasa asupan nutrisi dari makanan masih kurang, kamu bisa menambahkannya dari suplemen. Agar mudah, kamu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan suplemen kamu tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:
Medicine. Diakses pada 2022. The Effects Of Probiotics On Total Cholesterol.
Hypertension. Diakses pada 2022. Effect of Probiotics on Blood Pressure.
Gastroenterology. Diakses pada 2022. Consumption of Fermented Milk Product With Probiotic Modulates Brain Activity.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. Health Benefits Of Taking Probiotics.
WebMD. Diakses pada 2022. Risks and Benefits of Probiotics.
Mind Body Green. Diakses pada 2022. 6 Science-Backed Benefits Of Probiotics & Who Should Take Them.