• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan

6 Manfaat Minyak Argan untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Minyak argan adalah salah satu minyak yang dapat digunakan untuk menjaga kecantikan wanita. Minyak argan sendiri berasal dari ekstrak biji argan yang mengandung minyak dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Minyak argan juga sering dikenal dengan sebutan emas cair karena manfaatnya yang mampu melembapkan kulit sejak jaman sebelum masehi.

Baca juga: 4 Khasiat Tea Tree Oil Untuk Kecantikan

Minyak argan mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, asam linoleat, vitamin A, dan vitamin E. Berbagai jenis minyak lain sering meninggalkan rasa lengket, hal tersebut tidak berlaku pada minyak argan. Minyak argan mudah meresap dalam kulit, sehingga tidak memberikan rasa lengket pada kulit. Berikut adalah manfaat minyak argan untuk kecantikan:

1. Melawan Penuaan Dini

Vitamin E dan antioksidan yang ada pada minyak argan nyatanya mampu menghindarkan wajah kamu dari penuaan dini. Minyak argan mampu menghilangkan kerutan halus pada wajah dan membuat wajah berkilau. Kamu bisa menggunakan minyak argan sebagai pelembap pada malam hari.

2. Mengobati Jerawat

Jerawat bisa saja muncul di wajah dan meninggalkan bekas jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan. Minyak argan bisa menjadi salah satu obat untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya.

3. Mencegah dan Menghilangkan Strechmark

Salah satu masalah yang sering dihadapi ibu hamil adalah masalah strechmark atau garis kerutan saat hamil. Strechmark biasanya muncul akibat kulit perut yang melebar selama masa kehamilan. Dengan mengoleskan minyak argan pada perut setiap malam dan juga pagi hari akan membuat kulit lebih elastis dan mengurangi stretchmark yang muncul pada perut ibu hamil.

4. Mencerahkan Kulit

Minyak argan juga dapat membantu kamu untuk mencerahkan kulit. Kulit yang cerah menandakan bahwa kulit kamu sehat dan terawat, sehingga memiliki kulit cerah menjadi keinginan hampir setiap wanita. Dengan menggunakan bahan alami seperti minyak argan, kamu juga akan terhindar dari efek samping.

5. Melembapkan Rambut Kering

Selain mengandung vitamin E yang cukup tinggi, nyatanya minyak argan memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu kamu melembapkan rambut. Minyak argan bisa digunakan sebagai pengganti conditioner. Caranya pun cukup mudah. Teteskan minyak argan pada telapak tangan, kemudian gosok minyak argan pada kedua tangan. Setelah itu, sisir rambut dengan kedua tangan. Aplikasikan minyak argan setelah rambut kering.

6. Merawat Kesehatan Bibir

Bukan hanya kulit wajah dan tubuh saja yang perlu kamu perhatikan, kesehatan bibir juga perlu kamu perhatikan. Untuk menjaga bibir tetap lembap dan sehat, kamu bisa menggunakan minyak argan yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Kamu bisa gunakan minyak argan sebagai scrub untuk bibir. Campurkan gula pasir dan minyak argan, kemudian gunakan sebagai scrub. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Baca juga: 5 Rutinitas Kecantikan Sebelum Tidur

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi air putih, ya! Karena air putih bisa mengembalikan kelembapan kulit. Nah, jika ada yang mau kamu tanyakan lagi mengenai manfaat minyak argan untuk kecantikan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya melalui Voice/Video Call atau Chat dengan dokter. Yuk, download Aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!