• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juli 2022

“Manfaat minyak kelapa untuk rambut cukup beragam. Mulai dari membantu memperbaiki kerusakan akibat penataan sehari-hari, memperbaiki tekstur, dan memulihkan kesehatan serta kilau rambut.”

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Jika ingin memiliki rambut yang halus dan berkilau, kamu bisa melakukan perawatan rambut dengan minyak kelapa. Minyak alami ini cocok untuk hampir semua jenis rambut, karena mengandung asam lemak yang baik untuk kulit dan rambut. 

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yaitu membantu memperbaiki kerusakan akibat penataan sehari-hari, memperbaiki tekstur, dan memulihkan kesehatan serta kilau rambut. Masih banyak manfaat minyak kelapa untuk rambut yang tidak boleh dilewatkan. Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai perawatan rambut, karena manfaatnya yang dapat membuat rambut jadi sehat. Berikut ini manfaat minyak kelapa untuk rambut yang jangan diabaikan:

  1. Mencegah Kerusakan Rambut

Ada beberapa cara untuk mencegah kerusakan rambut dengan minyak kelapa. Pertama, mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas. Cara ini dapat mengurangi jumlah kerusakan yang diakibatkan selama keramas dan saat basah. Karena rambut paling rentang rusak saat basah akibat perubahan struktural yang halus saat menyerap air.

Kedua, mengoleskan rambut dengan minyak kelapa setelah dicuci. Cara ini dapat membuatnya lembut dan halus. Ini akan mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan akibat proses penataan, dan membuat rambut cenderung tidak kusut serta tidak mudah patah.

  1. Menumbuhkan Rambut

Banyak wanita yang ingin memiliki rambut panjang, halus, dan berkilau. Namun, kerusakan yang disebabkan oleh proses penataan dan perawatan rambut, cuaca, serta polutan dapat merusak rambut. Nah, hal tersebut dapat mempersulit pertumbuhan rambut yang lebih panjang.

Untuk itu, perawatan rambut dengan minyak kelapa diperlukan untuk membantu menumbuhkan rambut dengan:

  • Melembabkan rambut dan mengurangi kerusakan.
  • Melindungi rambut dari kehilangan protein dan kerusakan saat basah.
  • Melindungi rambut dari kerusakan lingkungan seperti angin, matahari, dan asap polusi.
  1. Mencegah Serangan Kutu 

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa minyak kelapa efektif dalam mengobati dan mencegah kutu rambut.

  1. Melindungi dari Paparan Matahari

Pelindung sinar UV dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa penelitian in vitro pada kulit menemukan, bahwa minyak kelapa memiliki faktor perlindungan matahari yang cukup besar. Jadi, mengoleskan minyak kelapa pada rambut bisa melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar. 

  1. Mengatasi Ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur atau ragi di kulit kepala. Meskipun belum ada penelitian khusus, tapi minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobat ketombe. 

  1. Mencegah Rambut Rontok

Penataan yang berlebihan dapat merusak batang rambut. Dalam keadaan yang ekstrem penataan rambut dapat menyebabkan rambut rontok. Minyak kelapa dapat membantu menjaga rambut dalam kondisi baik dan mencegah kerontokan.

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut. Tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan rambut dengan minyak kelapa untuk merasakan manfaatnya. 

Jika kamu memiliki permasalahan rambut yang sulit diatasi, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses, and Tips
Very Well Health. Diakses pada 2022. What You Need to Know About Using Coconut Oil for Your Hair