6 Manfaat Senam Kegel untuk Pria

senam kegel

Halodoc, Jakarta – Senam kegel cukup populer di kalangan ibu-ibu karena manfaatnya untuk mengencangkan Miss V. Namun, enggak hanya untuk wanita saja, latihan dasar otot panggul ini ternyata juga bisa menambah keperkasaan pria saat berada di atas ranjang, lho. Penasaran bagaimana senam kegel bisa meningkatkan performa seksual pria? Yuk, cari tahu manfaat senam kegel untuk pria di sini.

Pada dasarnya, senam kegel merupakan senam yang bertujuan untuk melatih otot dasar panggul, yaitu sekumpulan otot yang terletak dalam dasar panggul dan berfungsi untuk menyokong berbagai organ, seperti rahim (pada wanita), kandung kemih dan saluran pencernaan (rektum). Seiring bertambahnya usia, otot dasar panggul dapat melebar, melemah dan kehilangan tegangan otot. Pada pria, beberapa faktor seperti faktor usia, habis menjalani operasi pengangkatan prostat, atau diabetes dapat membuat otot panggulnya melemah. Oleh karena itu, senam ini tidak hanya baik dilakukan oleh wanita, tapi juga para pria untuk meningkatkan kekuatan otot panggulnya. Berikut manfaat senam kegel untuk pria:

1. Membantu Mengatasi Inkontinensia Urin

Inkontinensia urin adalah ketidakmampuan seseorang untuk menahan urine untuk keluar. Pria yang mengalami inkontinensia urin bisa “mengompol” saat sedang batuk, bersin atau mengangkat beban berat. Tentu saja kondisi ini bisa membuat siapa saja yang mengalaminya malu dan juga terganggu. Namun, inkontinensia urin bisa diatasi dengan melakukan senam kegel secara rutin. Latihan ini akan meningkatkan tegangan otot serta kekuatan otot dasar panggul, sehingga kandung kemih mampu mengontrol urin dengan lebih baik.

2. Membantu Mengatasi Inkontinensia Alvi

Selain inkontinensia urin, ada juga kondisi dimana seseorang tidak bisa menahan buang air besar atau yang disebut juga dengan inkontinensia alvi. Kondisi ini pun juga bisa diatasi dengan senam kegel. Latihan otot dasar panggul akan memperkuat tegangan dan kekuatan sfingter ani, yaitu kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang berfungsi menutup atau membuka jalur pada anus, sehingga buang air besar bisa dikendalikan.

3. Membantu Pemulihan Pasca Operasi Prostat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pria yang baru menjalani operasi prostat menunjukkan bahwa senam kegel benar-benar bermanfaat meningkatkan proses pemulihan kandung kemih setelah operasi. Senam kegel yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu memperlancar peredaran darah pada area panggul, sehingga kesehatan prostat dapat tetap terjaga. Baca juga: 5 Tanaman Alami untuk Mengobati Kanker Prostat

4. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Studi lain membuktikan senam kegel dapat membantu mengatasi salah satu permasalahan seksual yang sering dialami pria, yaitu disfungsi ereksi. Dalam penelitian tersebut, sekelompok pria melatih otot panggul mereka dengan melakukan senam kegel secara rutin selama 6 bulan. Hasilnya, sebanyak 40 persen dari mereka memiliki fungsi ereksi yang normal kembali. Hal ini karena senam kegel membantu melancarkan aliran darah serta oksigenasi yang baik, sehingga dapat membantu proses ereksi.

5. Mengatasi Ejakulasi Dini

Masalah seksual lainnya pada pria yang bisa diatasi dengan senam kegel adalah ejakulasi dini. Hal ini sudah dibuktikan dalam International Journal of Andrology. Senam kegel dapat membantu kontraksi otot dasar panggul saat akan mencapai klimaks, sehingga menunda ejakulasi. Baca juga: Melatih Otot Dasar Panggul Bisa Tingkatkan Gairah Seks

6. Meningkatkan Performa Seksual Pria

Manfaat senam kegel untuk meningkatkan performa seksual pria juga tidak perlu diragukan lagi. Senam kegel dapat membantu orgasme menjadi lebih kuat serta meningkatkan kekuatan ejakulasi. Bahkan pria yang rutin melakukan senam kegel dipercaya dapat mengalami multiple orgasm. Walaupun belum ada pembuktian ilmiahnya, senam kegel juga dipercaya dapat memperbesar ukuran Mr P.

Nah, itulah beberapa manfaat senam kegel untuk pria. Yuk, lakukan senam ini secara rutin untuk otot panggul yang lebih kuat. Kalau kamu punya masalah seputar seks, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Enggak usah malu, karena kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.