6 Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Pemudik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6-masalah-kesehatan-yang-sering-menyerang-pemudik-halodoc

Halodoc, Jakarta – Siapa yang mudik atau pulang kampung pada lebaran kali ini? Momen libur lebaran memang sering digunakan banyak orang untuk mudik dan bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Namun, untuk sampai di kampung halaman, kita harus menempuh perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama.

Karena itu, selain memperhatikan keselamatan di jalan raya, kamu juga dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh. Ini agar tubuh kamu tidak mudah kelelahan hingga akhirnya rentan jatuh sakit.

Kamu tentunya enggak mau kan lebaran di kampung dalam kondisi tubuh yang lemas dan sakit? Yuk, cari tahu masalah kesehatan apa saja yang sering menyerang pemudik di sini.

1. Mabuk Perjalanan

Salah satu masalah kesehatan yang sering sekali terjadi saat mudik adalah mabuk perjalanan atau motion sickness. Kondisi ini bisa terjadi karena daya tahan tubuh menurun akibat kelelahan selama perjalanan mudik. Selain karena faktor kelelahan, mabuk perjalanan juga bisa disebabkan karena bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Umumnya, mabuk perjalanan menimbulkan gejala berupa pusing, mual dan muntah.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Debu dan polusi yang bertebaran bebas di mana-mana di sepanjang jalan yang kamu tempuh saat mudik bisa membuat kamu rentan terkena infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA. Terutama bila kamu mudik dengan sepeda motor. Selain itu, padatnya arus mudik juga bisa membuat kamu dengan mudah tertular penyakit dari orang lain lewat udara.

Baca juga: Ini 7 Orang yang Berpotensi Terkena ISPA

3. Sembelit

Sembelit juga menjadi masalah kesehatan yang sering dialami oleh para pemudik. Ini bisa terjadi karena saat mudik, kamu duduk terlalu dan cenderung membatasi makan atau minum agar tidak bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, kamu mudah mengalami sembelit dan merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Nah, untuk mengatasi sembelit, kamu perlu banyak minum air putih. Selain itu, hindari kebiasaan menahan buang air kecil atau buang air besar agar sembelit tidak semakin parah.

4. Diare

Menempuh perjalanan panjang saat mudik membuat kamu kadang-kadang harus membeli makanan di pinggir jalan atau sembarangan membeli camilan untuk bekal di perjalanan. Nah, makanan yang kamu beli tersebut bisa saja sudah terkontaminasi oleh debu atau lalat, sehingga bisa menyebabkan diare. Enggak hanya itu saja, kamu juga berisiko tinggi terkena diare bila tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Diare

5. Flu

Flu atau influenza adalah penyakit musiman yang sering muncul selama bepergian, termasuk ketika mudik. Ini karena, daya tahan tubuh kamu cenderung menurun selama perjalanan jauh, sehingga lebih mudah terserang flu. Selain itu, risiko terkena flu juga semakin besar bila kamu berada di dekat orang yang sedang terkena flu.

6. Kambuhnya Penyakit Lama

Bila kamu memiliki penyakit kambuhan, seperti asma dan maag, pastikan kamu sudah menyiapkan obat-obatan yang kamu perlukan sebelum perjalanan mudik dimulai. Ini karena, stres akibat macet atau terlambat makan selama di perjalanan bisa memicu penyakit kambuhan tersebut muncul kapan saja.

Baca juga: 5 Tips Cegah Maag Kambuh Saat Puasa

Nah, itulah 6 masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai saat mudik. Karena itu, jangan lupa download Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu sekeluarga selama mudik. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.