21 May 2018

6 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Coba Saat Puasa

6 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Coba Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Berpuasa seharusnya bukan jadi alasan untuk berhenti berolahraga. Meski energi dalam tubuh enggak sebanyak biasanya, kamu bisa kok memilih olahraga ringan agar tubuh tetap bugar tanpa mesti menguras tenaga. Nah, berikut olahraga ringan yang bisa kamu coba saat puasa.

  1. Bowling

Jangan takut bila kamu belum pernah mencobanya. Olahraga ini enggak terlalu melelahkan kok, bahkan cukup menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Kamu bisa melakukan olahraga ini sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Kata ahli, bowling bisa membantu melatih otot tubuh bagian bawah. Selain itu, ketika kamu mengayunkan lengan untuk melempar, posisi tersebut memberikan latihan yang cukup untuk ligamen, tendon, otot, dan persendian di lengan.

  1. Jogging

Olahraga sejuta umat ini juga bisa kamu coba selama berpuasa. Kamu bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka. Jogging punya banyak manfaat lho, bagi kesehatan. Kata ahli, rutin ber-jogging amat baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi. Menariknya lagi, jogging juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

  1. Angkat Beban

Bagi kamu yang kurang menyukai atau tidak kuat dengan jenis olahraga kardio, alternatifnya bisa mencoba angkat beban. Yang perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk mengangkat beban yang terlampau berat. Angkat beban bisa menjadi cara jitu untuk meningkatkan kepadatan tulang agar terlindung dari osteoporosis.

  1. Yoga

Bagi kamu yang baru menjajal olahraga ini, lakukanlah dengan intensitas yang ringan agar enggak menguras tenaga. Namun, yoga juga bisa menjadi olahraga bagi kamu yang ingin berolahraga cukup intens dalam waktu singkat. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik ini di sore hari sambil menunggu waktu berbuka tiba.

  1. Bersepeda

Sama halnya seperti jogging, bersepeda juga termasuk olahraga yang baik bagi sistem kardiovaskular. Kamu bisa mencoba olahraga ini pada sore hari sambil memburu takjil. Jika enggak tertarik untuk berkeliling, kamu bisa kok mencoba sepeda statis sebagai alternatifnya.

Kata ahli, olahraga yang satu ini bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung. Selain itu, rutin bersepeda juga baik untuk mengencangkan dan membangun otot, terutama di bagian bawah tubuh. Contohnya, seperti betis dan paha.

  1. Beban Tubuh

Yang satu ini cukup sederhana, bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak.

(Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Menjalankan Ibadah Puasa)

Tips Olahraga Saat Puasa

Ketika ingin berolahraga saat puasa, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya, intensitas atau waktunya. Nah, agar olahraga bisa berjalan dengan efetif selama puasa, berikut tips-tips yang bisa kamu coba.

  • Jika tidak kuat, kurangi jam latihan. Misalnya, dari satu jam menjadi 30 menit.
  • Kurangi intensitas dan gerakan tubuh jadi lebih ringan. Contohnya, perlambat langkah saat berlari.
  • Boleh dilakukan pada pagi hari bila telah terbiasa.
  • Hindari olahraga yang mengeluarkan banyak keringat karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Bagi yang tidak terbiasa di pagi hari, cobalah di sore hari (pk. 17.00)
  • Sebaiknya olahraga tetap dilakukan minimal tiga kali seminggu.

(Baca juga: Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh)

Agar olahraga selama berjalan aman dan hasilnya maksimal, kamu bisa bertanya pada dokter mengenai hal tersebut. Kamu juga mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur  Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!