• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Olahraga untuk Lansia yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

6 Olahraga untuk Lansia yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Olahraga untuk Lansia yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

“Meski sudah lanjut usia, olahraga tetap menjadi rutinitas yang penting dilakukan tiap harinya. Namun, terkadang lansia enggan melakukannya, karena merasa tubuh sudah tidak nyaman lagi melakukannya. Untuk itu penting memilih olahraga untuk lansia yang tepat. Olahraga seperti jalan cepat, berenang, hingga yoga adalah olahraga intensitas rendah yang aman untuk tubuh lansia.”

Halodoc, Jakarta – Menjadi tua bukan berarti hanya bersantai-santai dan tidak aktif secara fisik. Olahraga tetap menjadi bagian penting dari penuaan yang sehat. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari berolahraga seiring bertambahnya usia. Hal yang perlu digarisbawahi,  jangan memilih jenis olahraga yang berat dan berisiko cedera. Olahraga untuk lansia cukup yang berintensitas rendah. 

Tubuh secara biologi akan berubah seiring bertambah usia. Terkadang itulah yang menyebabkan lansia enggan untuk berolahraga. Padahal, olahraga bermanfaat untuk usia berapapun. Penting untuk memilih olahraga untuk lansia yang aman dilakukan setiap hari, tanpa harus memaksakan diri untuk melakukannya. 

Baca juga: Ketahui 3 Hal Tentang Sindrom Geriatri Ini

Pilihan Olahraga untuk Lansia 

Pada lansia, olahraga bisa membantu hidup lebih lama, tubuh lebih sehat, dan menciptakan perasaan yang menyenangkan. Jika kamu sudah lama tidak berolahraga, dan bingung harus mulai dari olahraga apa, penting untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga. Hal ini untuk memastikan lansia cukup sehat untuk berolahraga. Setelah itu, bisa diketahui jenis olahraga apa yang ideal untuk tubuh lansia. 

Berikut beberapa olahraga untuk lansia yang bisa dicoba:

  1. Berenang
berenang

Berenang adalah olahraga untuk lansia yang baik untuk persendian. Olahraga ini cocok bagi lansia yang memiliki radang sendi dan osteoporosis. Di kolam renang, lansia juga bisa mengikuti kelas aerobik air. Khususnya bagi lansia yang tidak bisa berenang. 

Baca juga: Memasuki Lanjut Usia, Lakukan 8 Pemeriksaan Kesehatan Ini

  1. Jalan Cepat
jalan cepat

Jalan cepat adalah jenis olahraga untuk lansia dengan intensitas rendah. Meskipun tidak seintens joging, tapi tetap bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan otot-otot tubuh lainnya. Selain itu, olahraga ini tidak terlalu berdampak pada persendian, sehingga aman bagi lansia yang memiliki lutut atau pergelangan kaki lemah.

  1. Yoga
yoga

Olahraga ini lebih terstruktur dibandingkan dengan stretching biasa. Karena yoga mampu membentuk otot pada saat bersamaan. Yoga juga aman dilakukan bagi lansia yang bermasalah pada tulang dan sendi. 

  1. Dumbbell Strength Training
dumbell training

Latihan kekuatan terbukti bisa mengurangi gejala diabetes, osteoporosis, sakit punggung, dan depresi. Selain itu dumbbell strength training juga bisa mengelola berat badan. Olahraga untuk lansia ini baik untuk metabolisme dan peningkatan kontrol gula darah. Dumbbell strength training ini dilakukan dengan meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit yang Rentan Dialami Lansia

  1. Squat
squat

Olahraga ini sangat sederhana, tapi juga efektif jika dilakukan setiap hari. Lansia tidak memerlukan peralatan apapun untuk squat, selain itu juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

  1. Stretching
stretching

Peregangan harus dilakukan setiap hari, karena ini adalah olahraga yang penting untuk menjaga otot dalam kondisi prima. Pastikan untuk meregangkan semua otot yang berbeda di tubuh. Mulai dari otot leher, punggung, dada, perut, lengan, paha, dan betis. Stretching juga bisa melatih tubuh agar tidak kaku. Terutama pada bagian bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. 

Nah, itulah olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan setiap hari. Selamat mencoba!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Exercise Essentials for Healthy Aging
Active Health. Diakses pada 2021.  9 best exercises for the elderly
Senior Lifestyle. 7 Best Exercises for Senior and A Few to Avoid.
Better Health. Diakses pada 2021. Physical Activity for Seniors.