15 February 2018

6 Penyakit yang Bisa Dialami Orang Kurus

6 Penyakit yang Bisa Dialami Orang Kurus

Halodoc, Jakarta – Katanya, memiliki tubuh yang kurus itu merupakan kelebihan. Apalagi buat kamu yang hobi makan, orang yang memiliki bakat “kurus” bisa makan banyak tanpa khawatir tubuh jadi menggemuk. Sedangkan, orang yang memang memiliki bakat “gemuk” jadi harus pilih-pilih makanan karena sedikit saja makan bisa menambah angka timbangan.

Meski cukup banyak didambakan dengan alasan kenyamanan saat makan, sebenarnya memiliki tubuh kurus pun memiliki potensi terkena gangguan kesehatan, lho. Terlalu kurus juga tidak baik, ada beberapa penyakit yang rentan menyerang orang dengan karakter seperti ini.

Biasanya, orang yang memiliki berat badan bisa mengalami ketidakseimbangan komposisi zat-zat yang diperlukan tubuh. Ini menyebabkan daya tahan tubuhnya lemah dan rentan terkena berbagai macam penyakit. Nah, berikut penyakit-penyakit yang bisa menyerang orang kurus:

  1. Penyakit Jantung

Selama ini, banyak yang mengira bahwa hanya orang-orang yang bertubuh gemuk yang lebih berisiko terkena penyakit jantung. Padahal, penyakit jantung enggak hanya disebabkan karena kegemukan saja. Penyakit ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang sembarangan, dan kurang berolahraga. Jadi, orang bertubuh kurus yang merokok, sering mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak, dan jarang olahraga pun juga berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, metabolisme tinggi yang dimiliki orang kurus pun bisa membuat lemak berkumpul di tempat yang salah, seperti jantung atau hati.  

  1. Diabetes

Anggapan bahwa orang kurus enggak mungkin terkena diabetes itu salah besar. Nyatanya, jika kadar hormon insulin tidak dijaga keseimbangannya, maka seseorang tetap berisiko terkena diabetes walaupun tubuhnya kurus. Rata-rata pengidap diabetes di Asia adalah orang-orang bertubuh kurus atau dengan berat badan normal. Bedanya, jika pada orang gemuk, diabetes terjadi karena kelebihan produksi insulin. Pada orang kurus, diabetes terjadi karena defisiensi insulin. Jumlah kadar insulin yang terlalu sedikit menyebabkan seluruh gula dalam darah jadi tidak bisa diolah dengan baik, sehingga menyebabkan gula darah menjadi tinggi.

  1. Kolesterol

Orang bertubuh kurus cenderung melahap makanan apa saja tanpa memerhatikan kandungannya karena berpikir dia tidak akan jadi gemuk, sehingga kebanyakan pengidap kolesterol tinggi adalah orang bertubuh kurus.

  1. Gangguan Hati

Kebanyakan orang bertubuh kurus memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) yang rendah, yang artinya berat badan dengan tinggi badan tidak sesuai. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh memecah organ hati agar pasokan energi bisa tetap ada ketika asupan kalori tidak mencukupi. Akibatnya, kamu rentan terkena gangguan hati.

  1. Pikun

Berdasarkan hasil dari sebuah riset, ditemukan bahwa orang yang memiliki BMI di bawah 20 kg/m2 berisiko 34 persen lebih tinggi mengalami demensia atau pikun ketika berusia 40-50 tahun. Menurut peneliti, hal itu disebabkan karena orang yang terlalu kurus biasanya cenderung kekurangan vitamin D dan E yang berfungsi sebagai nutrisi bagi otak.

  1. Masalah Kesuburan

Buat para pria yang punya tubuh terlalu kurus, hati-hati terkena gangguan kesuburan. Menurut sebuah penelitan yang dilakukan di Denmark, pria dengan BMI rendah lebih berisiko mengalami masalah seksual, seperti disfungsi ereksi daripada pria dengan berat badan normal.

Jadi, buat kamu yang bertubuh kurus, kamu disarankan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, sayuran dan buah-buahan, serta rajin berolahraga agar tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jika kamu punya masalah dalam menaikkan berat badan, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa meminta saran kesehatan kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Test, jadi kamu bisa melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.