02 November 2018

6 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

6 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Halodoc, Jakarta - Sejak lama, dunia medis menganggap perut ibarat sebuah kotak pandora. Dalam mitologi Yunani, kotak tersebut dikisahkan sebagai kotak yang mengeluarkan berbagai masalah ke dunia, tetapi juga menyisakan harapan. Perut pun diibaratkan seperti kotak pandora karena sakit pada bagian perut dapat disebabkan oleh banyak hal, sehingga sulit diidentifikasi penyebabnya.

Begitu pula dengan sakit pada perut bagian bawah. Penyebabnya dapat bervariasi. Mulai dari gangguan pencernaan ringan, hingga kondisi serius seperti karsinoma atau kanker. Pada beberapa kasus, sakit perut bagian bawah perlu diidentifikasi dengan bantuan tes laboratorium dan pemeriksaan ultrasonik.

Kendati demikian, penyebab sakit perut bagian bawah masih bisa didiagnosis berdasarkan lokasi yang terasa sakit, kok. Berikut beberapa penyebab umum sakit pada perut bagian bawah, yang sepertinya perlu untuk diketahui.  

1. Kram Menstruasi

Pada wanita, penyebab tersering sakit pada perut bagian bawah adalah kram menstruasi. Secara umum, kram menstruasi tidak lah memerlukan pengobatan medis khusus. Namun, pada beberapa kasus, penyebab kram perut yang berlebihan saat menstruasi bisa jadi merupakan hal yang harus diwaspadai. Sebab, beberapa penyakit seperti fibrosis atau kista juga menyebabkan nyeri perut bagian bawah yang tidak biasa, pada saat menstruasi.

2. Gangguan Pencernaan

Rasa sakit pada perut bagian bawah juga seringkali terjadi karena adanya gangguan pencernaan. Pada taraf ringan, kondisi ini masih tergolong wajar dan akan pulih dengan sendirinya. Namun, jika sakit perut yang terjadi disertai dengan berbagai gejala lain seperti muntah-muntah, diare, dan mudah lelah, kamu perlu waspada, karena bisa saja merupakan indikasi keracunan makanan.

3. Usus Buntu

Usus buntu merupakan kondisi yang terjadi ketika bagian kecil pada usus besar yang disebut apendiks mengalami infeksi. Infeksi itulah yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang menusuk pada perut bagian kanan bawah. Kondisi ini biasanya disertai dengan mual, muntah, dan demam.

4.Gangguan Ginjal atau Kandung Kemih

Penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih biasanya juga dapat menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah. Salah satu jenis gangguan ginjal yang paling umum menyebabkan kondisi ini adalah batu ginjal. Penyakit ini akan memunculkan rasa sakit yang meluas hingga ke bagian belakang perut bawah. Selain itu, karsinoma kandung kemih dan infeksi saluran kencing serius juga dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah.

5. Radang Panggul

Radang panggul merupakan penyakit yang mengacu pada infeksi yang terjadi pada organ dalam wanita, yang berada di sekitar panggul, termasuk rahim, tuba falopi, indung telur, dan leher rahim. Gejala awal yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa sakit pada perut bagian bawah.

6. Radang Prostat

Selain berbagai penyebab yang telah dibahas tadi, sakit pada bagian bawah perut juga dapat disebabkan oleh adanya radang prostat atau prostatitis. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar prostat mengalami infeksi. Gejala yang umum dialami ketika terserang penyakit ini selain sakit pada bagian bawah perut adalah sakit ketika buang air kecil, dan nyeri di sekitar testis.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit pada perut bagian bawah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal penyakit ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu 1 jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: