• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diperhatikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diperhatikan

6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diperhatikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 April 2022

“Sakit perut sebelah kiri adalah salah satu masalah yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebabnya antara lain divertikulitis, radang usus buntu, hingga sakit maag.”

6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Sakit perut kerap menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Namun, berbagai hal yang menjadi penyebabnya terbilang tidak mudah untuk ditemukan. Salah satu jenis gangguan yang bisa terjadi adalah sakit perut sebelah kiri. Lalu, apa saja sih yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit perut di sebelah kiri? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Nyeri pada perut sebelah kiri kerap menjadi tanda adanya gas. Namun, hal ini juga dapat menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius, seperti divertikulitis, radang usus buntu, hingga sakit maag. Berbagai gangguan tersebut memerlukan perhatian medis segera. Jangan sampai masalah ini berkembang menjadi sesuatu yang membahayakan.

Perlu diketahui juga jika pada perut bagian kiri terletak usus besar dan ovarium khusus pada perempuan. Maka dari itu, masalah yang terjadi pada perut bagian ini bisa berhubungan dengan saluran pencernaan. Pada wanita, adanya masalah pada ovarium juga menimbulkan ketidaknyamanan pada perut.

Lalu, apa saja sih penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui? Berikut beberapa daftarnya:

1. Ovulasi

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang pertama adalah terjadinya ovulasi pada wanita. Masalah ini kerap disebut dengan masa subur, yang mampu menimbulkan rasa sakit atau kram pada perut. Saat wanita mengalami ovulasi, gejala lainnya yang bisa timbul adalah perasaan mual dan keputihan.

2. Gastritis

Gangguan lain yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gastritis. Masalah ini terjadi saat lapisan lambung alami iritasi atau peradangan. Seseorang dapat mengalami masalah ini akibat infeksi dari bakteri H.Pylori, bakteri penghasil lendir di lapisan lambung. Bersamaan dengan sakit perut, kamu juga bisa mengalami mual, muntah, hingga perut yang terasa penuh.

3. Batu Ginjal

Penyebab sakit perut sebelah kiri lainnya adalah batu ginjal. Gangguan ini terjadi akibat adanya endapan kecil yang menumpuk di ginjal. Endapan ini sangat menyakitkan saat melewati saluran kemih. Gejala lainnya dari batu ginjal adalah nyeri saat buang air kecil, demam, mual, dan muntah. Jika kamu mengalami salah satu gejalanya, ada baiknya langsung memeriksakan diri agar mendapatkan penanganan medis.

4. Peradangan Pankreas

Pankreas juga termasuk salah satu organ yang berada di sebelah kiri perut. Jika pankreas terganggu, tentu saja perut bagian kiri hingga punggung dapat merasakan gejalanya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas. Seseorang dengan masalah ini dapat merasakan sakit saat berbaring, makan, dan juga minum.

5. Radang Usus Besar

Seseorang yang terserang radang usus besar juga dapat merasakan sakit perut sebelah kiri. Hal ini terjadi akibat dinding dari usus besar mengalami peradangan parah. Selain sakit perut, beberapa gejala lainnya adalah diare, berat badan menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau bahkan berlendir. Jika kamu alami masalah ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

6. Divertikulitis

Jika kamu mengalami perasaan sakit perut di sebelah kiri, hal ini bisa terjadi akibat divertikulitis. Gangguan ini terjadi akibat peradangan kantong divertikula di usus besar. Masalah ini tidak selalu menjadi kondisi yang serius dan dapat diobati dengan istirahat dan konsumsi antibiotik. Jika infeksinya parah, pembedahan mungkin perlu dilakukan.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui. Memang ada banyak sekali gangguan yang menimbulkan gejala pada perut ini. Maka dari itu, pemeriksaan segera diperlukan agar dapat memastikan penyebabnya. Dengan begitu, tindakan medis segera bisa dilakukan untuk mencegah masalah yang lebih besar.

Kamu juga bisa lo melakukan pemeriksaan di  rumah sakit rekanan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan untuk pemeriksaan ini bisa dilakukan hanya melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan ini!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen?
The Healthy. Diakses pada 2022. If You Have Left Side Abdominal Pain, Here’s What It Could Mean.
Complete Care. Diakses pada 2022. Common Causes of Abdominal Left Side Pain.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What causes pain in the lower left abdomen?