14 May 2018

6  Pilihan Asupan Puasa bagi Ibu Hamil

6  Pilihan Asupan Puasa bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Bolehkah ibu hamil berpuasa? Pertanyaan ini seringkali muncul dan tidak sedikit yang bingun untuk menjawabnya. Puasa pada ibu hamil sifatnya sunah, jika ibu hamil merasa kuat menjalankannya, maka boleh saja berpuasa. Yang harus diperhatikan adalah, asupan puasa bagi ibu hamil yakni sebanyak 2500 kalori dengan komposisi 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Asupan puasa bagi ibu hamil yang mesti dipenuhi adalah jenis karbohidrat kompleks antara lain nasi merah dan gandum. Karbohidrat kompleks dimetabolisme lebih lambat dalam darah sehingga gula darah stabil lebih lama. Ibu hamil juga akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan jika mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih.

  1. Konsumsi Banyak Serat

Pada ibu hamil, hormon progesteron meningkat. Peningkatan progesteron seringkali menyebabkan konstipasi atau tidak lancar buang air besar yang dapat memicu terjadinya wasir. Pastikan ibu hamil makan aneka sayuran hijau dan buah-buahan berserat tinggi selama berpuasa. Makanan berserat ini baik sebagai asupan puasa bagi ibu hamil.

  1. Konsumsi Suplemen, Madu, dan Susu

Jika perlu, konsumsi suplemen ibu hamil dengan rutin selama puasa. Sebaiknya, minta saran dari dokter sebelum memilih jenis suplemen yang tepat. Suplemen wajib untuk ibu hamil harus mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Madu dipercaya dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh sehingga tidak mudah lemas. Susu juga dianjurkan untuk menambah asupan kalori bagi ibu hamil yang hendak berpuasa.

  1. Hindari Makanan Pedas

Memang makanan pedas dapat memberikan kepuasan tersendiri. Bahkan ada ibu hamil yang memang lebih suka makanan pedas untuk pilihan makanan yang disukainya. Namun, sebaiknya jenis makanan ini dihindari atau tidak terlalu banyak dikonsumsi. Selain meningkatkan risiko kontraksi, makanan pedas juga berperan dalam kekambuhan sakit maag, diare, juga wasir. Sebaiknya ibu hamil menghindarinya selama berpuasa.

  1. Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka

Kurma mengandung vitamin B1 yang berperan dalam mengontrol gerak rahim. Selain itu, kurma juga mengandung frukosa alami dan serat yang akan menstabilkan kadar gula darah lebih lama dan melancarkan proses pencernaan.

  1. Cukup Minum Air Putih

Minumlah air putih dengan jumlah minimal 2 liter per hari. Bagi ibu hamil sebaiknya minum 2-3 liter per hari. Minumlah dengan aturan 2-2-4 yaitu 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat malam hari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, ibu hamil dapat tetap menjalankan puasa dengan sehat, kan? Nah, kalau punya pertanyaan seputar asupan makanan untuk ibu hamil saat puasa. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.