• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Kanker

6 Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Kanker

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Kanker

“Gaya hidup sehat dapat mencegah 40 persen kasus kanker. Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Selain membantu mengontrol berat badan, aktivitas fisik sendiri dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.”

Halodoc, Jakarta –  Kebanyakan kanker tidak bisa dihindari. Gen memang penting, tetapi diet dan gaya hidup dapat memberikan pengaruh besar terhadap kanker. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA Oncology, gaya hidup sehat dapat mencegah 40 persen kasus kanker dan 50 persen kematian akibat kanker di Amerika Serikat. 

Hal yang sama juga ditegaskan oleh The World Cancer Research Fund, setidaknya 18 persen dari semua kanker yang didiagnosis di AS terkait dengan obesitas, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi alkohol, gizi buruk, dan ini adalah sesuatu yang bisa dicegah. Mau tahu pola hidup sehat agar terhindar dari kanker? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Penyakit Ini Mengintai Perokok Aktif

1. Jangan Merokok 

Merokok dapat menempatkan kamu pada risiko kanker. Selama ini merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, dan ginjal. Meski kamu tidak merokok pun, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

2. Konsumsi Makanan Sehat 

Untuk menjaga diri dari serangan kanker, kamu disarankan untuk makan banyak buah dan sayuran, membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan membatasi konsumsi daging olahan.

Baca juga: Kurang Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Dampaknya pada Tubuh

3. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Selain membantu mengontrol berat badan, aktivitas fisik sendiri dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Setidaknya lakukan aktivitas aerobik sedang 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik berat 75 menit seminggu. Kamu juga dapat melakukan kombinasi aktivitas sedang dan berat. 

4. Lindungi Diri dari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi sekaligus salah satu yang paling dapat dicegah. Kamu bisa mencegahnya dengan cara:

  • Hindari paparan matahari tengah hari. Jauhi matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, karena saat ini sinar matahari paling kuat.
  • Tetap berlindung di tempat teduh saat matahari sedang terik.
  • Kenakan pakaian yang ditenun rapat dan longgar yang menutupi sebagian besar kulit. Pilih warna cerah atau gelap, yang memantulkan lebih banyak radiasi ultraviolet daripada warna pastel atau kapas yang diputihkan.
  • Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30

Baca juga: 4 Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit

5. Dapatkan Vaksinasi

Pencegahan kanker termasuk perlindungan dari infeksi virus tertentu. Bicaralah dengan dokter tentang kemungkinan mendapatkan vaksinasi terutama hepatitis B dan HPV. Vaksin hepatitis B direkomendasikan untuk orang dewasa yang aktif secara seksual tetapi tidak dalam hubungan monogami.

HPV adalah virus menular seksual yang dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker genital lainnya serta kanker sel skuamosa kepala dan leher. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan anak laki-laki berusia 11 dan 12 tahun. 

6. Hindari Perilaku Berisiko

Taktik pencegahan kanker lain yang efektif adalah menghindari perilaku berisiko yang dapat menyebabkan infeksi yang, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko kanker.  Ini termasuk melakukan hubungan seks yang aman. Semakin banyak pasangan seksualmu, maka semakin besar kemungkinan kamu tertular penyakit menular seksual.

Itulah informasi mengenai pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko kanker. Kalau butuh informasi kesehatan lainnya, tanyakan langsung melalui aplikasi Halodoc. Mau pesan obat tanpa harus keluar rumah? Bisa dilakukan di Toko Kesehatan lewat Halodoc!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. More evidence that a healthy lifestyle might help prevent cancer
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Diet and Physical Activity: What’s the Cancer Connection?