• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Menurunkan Hipertensi

6 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Menurunkan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hipertensi biasanya ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Konsumsi obat biasanya dilakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah yang melonjak dan bisa berbahaya. Tahukah kamu, selain dengan obat-obatan medis ternyata hipertensi alias tekanan darah tinggi juga bisa ditangani dengan tanaman herbal. 

Ada sejumlah tanaman yang disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Saat tekanan darah melonjak, penting untuk segera melakukan pertolongan pertama agar membantu menurunkan atau membuat tekanan darah kembali stabil. Seseorang dikatakan mengalami kondisi ini jika hasil pemeriksaan tekanan darahnya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Tanaman yang Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

Hipertensi tidak boleh dianggap sepele, sebab kondisi ini bisa menyebabkan jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Selain itu, peningkatan jumlah total atau volume darah di pembuluh darah akan menyebabkan organ tersebut bekerja lebih keras, sehingga memicu tekanan pada pembuluh darah meningkat dan berimbas pada meningkatnya tekanan darah. Semakin lama, kondisi ini akan memberi beban ekstra pada organ hati dan organ vital lainnya. 

Tekanan darah tinggi yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak ditangani dengan tepat bisa memicu kondisi yang lebih parah, seperti penyakit jantung atau stroke. Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba menurunkan tekanan darah dengan beberapa jenis tanaman atau herbal. Tentu saja dibarengi dengan konsumsi obat sesuai petunjuk dokter. Apa saja tanaman yang bisa dicoba untuk mengatasi hipertensi? 

1.Daun Basil 

Salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah adalah daun basil atau daun kemangi (Ocimum basilicum). Daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang disebut bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan senyawa dalam daun kemangi juga disebut bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa menurun atau kembali normal.

2.Seledri 

Selain daun kemangi, kamu juga bisa memanfaatkan seledri untuk menurunkan tekanan darah. Ada penelitian pada hewan percobaan (tikus) yang menemukan bahwa ekstrak seledri ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi seledri juga disebut bisa membantu memelihara kesehatan pembuluh darah. 

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Membuat Hipertensi Kambuh

3.Bawang Putih 

Pengidap hipertensi juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih. Sebab, jenis tanaman yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan pembuluh darah. Mengonsumsi bawang putih disebut bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

4.Kayu Manis 

Tekanan darah melonjak? Cobalah mengonsumsi kayu manis. Kayu manis disebut bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk tekanan darah. Hingga kini belum diketahui apa kaitan antara kayu manis dengan hipertensi, tetapi mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. 

5.Jahe 

Pengidap hipertensi juga bisa menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi jahe. Tanaman ini sudah lama digunakan untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan tekanan darah. 

6.Kapulaga 

Kapulaga juga baik untuk pengidap hipertensi. Ada studi yang menyebut bahwa rutin mengonsumsi kapulaga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Hipertensi Sekunder dan Hipertensi Primer, Apa Bedanya?

Cari tahu lebih lanjut seputar hipertensi dan jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Herbs That May Help Lower High Blood Pressure.
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. High Blood Pressure (Hypertension).
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hypertension.