17 October 2018

6 Tips Mengatasi Rambut Bercabang

6 Tips Mengatasi Rambut Bercabang

Halodoc, Jakarta - Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, terutama wanita. Namun, seperti bagian tubuh lainnya, ada kalanya rambut pun mengalami masalah. Salah satu yang sering terjadi adalah rambut bercabang. Memiliki rambut yang bercabang tentu saja mengganggu, ya. Selain rambut menjadi lebih kasar, rambut bercabang juga akan membuat rasa percaya diri berkurang.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah rambut bercabang, beberapa tips berikut mungkin dapat berguna untuk mengatasinya.

1. Trim Rambut Secara Rutin

Cara yang cukup mudah untuk dilakukan ketika mengalami rambut bercabang adalah melakukan trim, atau memotong ujung rambut yang bercabang, secara rutin, setidaknya 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk membuat rambut yang bercabang tidak semakin rusak, serta merangsang pertumbuhan rambut.  

Kebiasaan memanjangkan rambut berlebihan juga sebaiknya dihindari. Sebab akan membuat rambut lebih mudah bercabang dan rusak, jika tidak rajin merawatnya. Oleh karena itu, jika ingin memanjangkan rambut, sebaiknya lakukan trim rambut secara teratur, untuk meminimalisir risiko rambut bercabang.

2. Perlakukan Rambut dengan Lembut

Pada dasarnya, rambut bercabang terjadi karena berbagai kebiasaan memperlakukan rambut dengan kurang baik. Seperti sering terpapar matahari, serta menyisir dan mengikat rambut terlalu kasar. Meski terkesan sepele, kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya rambut bercabang.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai memperlakukan rambut dengan lembut. Dimulai dari hal-hal sederhana seperti menyisir rambut dengan perlahan, tidak mengikat rambut terlalu kencang, dan tidak menggosok-gosok rambut dengan handuk terlalu keras usai keramas.

3. Hindari Mengaplikasikan Alat Panas

Bagi kamu yang sering menggunakan alat-alat seperti blow dryer, catok, atau pengeriting pada rambut, sebaiknya mulai kurangi. Meski cukup membantu untuk memperindah tampilan rambut, alat-alat tersebut secara perlahan akan membuat rambut rusak dan bercabang.

4. Gunakan Produk Pelembap Rambut

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya rambut bercabang adalah kondisi rambut yang kering. Pengaplikasian produk-produk yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut pun dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut bercabang.

Salah satu produk yang dapat digunakan secara rutin untuk menjaga kelembapan rambut adalah conditioner. Cobalah untuk menggunakan conditioner pada rambut setiap habis keramas. Jika kamu termasuk orang yang memiliki banyak aktivitas yang memicu rambut kering, seperti bekerja di luar ruangan, kamu juga bisa coba gunakan pelembap rambut secara rutin, setidaknya satu kali dalam seminggu.

5. Jangan Terlalu Sering Melakukan Bleaching

Bagi kamu yang suka mewarnai rambut, proses bleaching biasanya akan dilakukan untuk membuat pewarnaan rambut memiliki hasil yang maksimal. Namun, bleaching memiliki banyak efek negatif bagi rambut. Salah satunya adalah merusak kekuatan rambut.

6. Cukupi Asupan Nutrisi yang Baik untuk Rambut

Seperti bagian tubuh lainnya, rambut pun memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk bisa tetap sehat dan menawan. Beberapa jenis makanan seperti bayam, wortel, salmon, dan kacang-kacangan, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Itulah tips mengatasi rambut bercabang. Jika kamu mengalami masalah rambut lainnya, jangan ragu untuk fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc, ya. Mudah kok, diskusi dapat dilakukan lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

Baca juga: