07 July 2017

6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan

6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan

Halodoc, Jakarta - Berlibur bersama keluarga tentu menjadi momen yang tak terlupakan. Apalagi jika mengajak si kecil yang saat ini sudah semakin pintar dan suka mengeksplor segala hal yang ada di sekitarnya. Namun tidak mudah untuk mengajak si kecil pergi liburan. Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan, terutama kebutuhan si kecil agar ia tidak rewel dan menikmati setiap perjalanan dengan hati senang.

Yuk simak 6 tips liburan bersama si kecil berikut ini:
1.  Buat Jadwal Liburan
Tidak mungkin mengunjungi banyak tempat wisata dengan waktu secepat mungkin jika mengajak si kecil berlibur. Ini karena liburan bersama anak jauh lebih nyaman apabila dalam sehari hanya mengunjungi beberapa tempat saja. Sesuaikan jadwal liburan dengan usia buah hati yang paling kecil. Pertimbangkan juga waktu istirahat atau tidur siangnya agar acara jalan-jalan tidak terganggu. Anak kecil lebih mudah kelelahan meskipun mereka suka berlarian ke sana kemari. Kalau tiba-tiba sakit, nanti jadwal liburan justru malah terganggu. Jadi sebaiknya pertimbangkan destinasi tujuan wisata yang ramah anak.

2.  Pergi Saat Low Season
Agar liburan menjadi lebih nyaman, sebaiknya memilih berlibur saat low season. Tak ada salahnya untuk mengambil cuti kerja dan ijin sekolah untuk si kecil. Pada low season, destinasi wisata dan kondisi jalan pun tidak terlalu padat. Jika termasuk salah satu yang suka bepergian dengan mobil, anak pun tidak rewel karena harus terjebak macet terlalu lama. Selain itu, harga penginapan dan tiket perjalananan pun lebih murah sehingga liburan jadi lebih hemat.

3.  Bawa Barang Secukupnya
Saat berlibur yang perlu diingat adalah tidak membawa barang yang dapat dibeli atau didapatkan di destinasi liburan seperti popok, tisu, camilan, dan sejenisnya. Bawa secukupnya untuk bekal di perjalanan saja. Agar memicu antusias anak, ajak mereka untuk packing bersama. Tak ada salahnya membawa boneka kesayangan si kecil untuk menemaninya agar ia tidak merasa bosan.

4.  Pilih Penginapan yang Tepat
Saat berlibur dengan anak-anak pertimbangan memilih hotel bukan didasarkan pada harga atau kenyamanan orang tua. Tapi pilih hotel yang nyaman bagi si kecil dan tentu saja bisa memenuhi kebutuhannya. Misalnya saja, hotel dekat dengan lokasi wisata, ada tempat bermain anak, serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Jadi kalaupun harus tinggal di hotel, anak tidak merasa bosan karena bisa menikmati lingkungan sekitar. Tak ada salahnya juga untuk memilih apartemen yang memiliki fasilitas seperti di rumah. Ini justru akan membuat anak menjadi lebih leluasa bergerak karena merasa lebih familiar layaknya di rumah.

5.  Makan di Tempat Biasa
Memang benar kalau liburan itu tidak lengkap tanpa wisata kuliner. Namun jika bersama si kecil, wisata kuliner juga harus mempertimbangkan kondisi mereka. Restoran atau tempat makan yang banyak dicari turis biasanya akan ramah sehingga antriannya panjang. Anak-anak biasanya tidak sabaran dan tidak betah berlama-lama menunggu jadi sebaiknya pilih tempat makan yang tidak terlalu ramai.

6.  Berlibur Sambil Belajar
Momen berlibur bersama si kecil juga bisa jadi saat yang tepat untuk belajar untuknya. Ajak si kecil pergi ke tempat-tempat dimana ia bisa mempelajari hal baru seperti museum dan taman satwa. Bisa juga mengenalkan kegiatan baru pada si kecil seperti hiking atau memancing untuk mengenalkannya pada alam. Ini adalah cara yang baik untuk membuat si kecil mengingat nama-nama benda atau hewan yang baru dilihatnya.

Yang terpenting dalam mengajak si kecil liburan adalah kondisi kesehatannya. Tak sedikit anak-anak yang memiliki kondisi khusus seperti alergi makanan misalnya. Jadi saat berlibur, orang tua harus berhati-hati dalam memilih makanan. Selain itu, karena si kecil juga mudah kelelahan jadi sebaiknya membawa vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan agar ia tetap sehat selama berlibur.


Agar kondisi kesehatan si kecil terus terjaga selama liburan sedia selalu aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc, orang tua dapat menghubungi dokter kapan saja, dimana saja. Dengan Halodoc, dokter spesialis anak dapat dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Jadi sebelum berlibur sedia selalu aplikasi Halodoc. Download di App Store atau Google Play sekarang!