07 February 2018

6 Tips Sehat bagi Pekerja Malam

6 Tips Sehat bagi Pekerja Malam

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang umumnya bekerja dari pagi hari hingga sore atau malam hari. Tapi, ada juga orang-orang yang baru mulai bekerja di malam hari atau yang mengambil shift malam. Bekerja di malam hari tentu akan memberi sedikit pengaruh terhadap tubuh, karena tubuh sudah terbiasa untuk aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari. Pekerja malam juga berisiko untuk mengalami penyakit-penyakit yang serius akibat pola hidup yang tidak sehat.

Pekerja malam biasanya cenderung memiliki pola hidup yang tidak sehat, misalnya seperti mengonsumsi banyak minuman berkafein agar tetap terjaga hingga pagi, nyamil makanan instan di tengah malam, melewatkan waktu makan sehingga pola makan pun jadi terganggu, dan lain-lain.

Akibatnya, mereka berisiko terkena penyakit yang serius. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering terjaga semalaman lebih berisiko mengidap kanker jenis tertentu, diabetes, penyakit jantung, obesitas dan gangguan kognitif. Selain itu, tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga pada malam hari yang seharusnya menjadi waktu beristirahat, menyebabkan kebanyakan pekerja malam mengalami insomnia. Berikut tips-tips kesehatan bagi kamu yang bekerja pada malam hari:

  1. Jaga Pola Makan Tetap Sehat

Sebelum pergi bekerja, pastikan kamu mengonsumsi makan malam agar kamu memiliki energi dan bisa fokus bekerja di malam hari. Jika kamu baru makan ketika sampai di kantor dan mengonsumsi makanan dalam porsi besar pada malam hari, kamu berisiko mengalami heartburn, perut bergas, dan sembelit.

  1. Bawa Camilan Sehat

Siapkan camilan sehat untuk dibawa ke kantor, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau havermut agar ketika kamu lapar di malam hari, kamu tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti mi instan atau gorengan.

  1. Minum Kafein dengan Bijak

Minuman berkafein memang dapat membuat kamu merasa berenergi dan bantu tetap fokus selama bekerja di malam hari. Tapi, perhatikan asupan kafein agar jangan sampai lebih dari 400 miligram per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi biasa. Kamu juga disarankan untuk minum kopi hitam tanpa gula agar kamu terhindar dari diabetes. Perhatikan juga waktu minum kopi, karena pengaruh kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 8 jam. Jadi, hindari minum minuman berkafein 4 jam sebelum tidur agar pola tidur tetap terjaga.  

  1. Olahraga Pagi

Setelah lelah bekerja sepanjang malam, olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan di pagi hari. Tapi Chelsea Caracciolo, seorang pendidik klinis di sebuah rumah sakit di Boston, mengungkapkan bahwa olahraga pagi bermanfaat untuk membuat kamu tidur lebih nyenyak dan lama. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, dengan berjalan kaki atau berlari kecil saja sudah bisa membuat tubuh terasa lebih segar .

  1. Usahakan untuk Tetap Makan Sehat

Pulang bekerja dalam keadaan lelah dan ngantuk pasti membuat kamu merasa sangat malas jika harus memasak makanan lagi untuk sarapan. Kebanyakan pekerja malam pun memilih untuk mengonsumsi makanan yang praktis seperti junk food dan makanan instan setelah mereka selesai bekerja. Tapi bagaimana pun, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika kamu malas memasak setelah pulang bekerja, kamu bisa memasak makanan pada malam hari sebelum bekerja. Jadi, sepulang bekerja, kamu tinggal menghangatkan makanan tersebut saja untuk sarapan.

  1. Jaga Waktu Tidur

Avani Desai, dokter gawat darurat di Loyola University Health System mengungkapkan bahwa tidur pada jam yang sama setiap hari adalah sesuatu yang sangat penting, terutama pada 4 jam pertama waktu tidur kamu. Jadi, jika kamu sampai rumah jam 6 pagi, usahakan untuk tidur jam 8 pagi setelah berolahraga ringan, makan, dan mandi. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Tapi jika tidak bisa, tidurlah minimal 4 jam, kemudian kamu bisa melanjutkan tidur pada siang hari.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, kamu bisa langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.