6 Tips Untuk Membangunkan Si Kecil Saat Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Tips Untuk Membangunkan Si Kecil Saat Sahur

Halodoc, Jakarta – Salah satu tantangan orangtua yang mengajarkan anak berpuasa adalah membangunkan anak untuk sahur. Pada jam sahur, biasanya anak masih tertidur dengan pulas dan sulit untuk dibangunkan. Sebaiknya anak tidak boleh melewatkan jam sahur ketika ingin berpuasa. Waktu sahur adalah waktu yang penting untuk menambah asupan energi bagi anak ketika berpuasa.

Baca juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?

Membangunkan anak sahur memiliki trik dan usaha khusus. Suasana hati anak bisa menentukan kondisi anak ketika berpuasa nanti. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan Si Kecil sahur, yaitu:

1. Siapkan Makanan Kesukaan Anak

Siapkan makanan kesukaan anak ketika sahur. Namun, pastikan menu kesukaan disajikan dapat memenuhi kebutuhan energi anak untuk berpuasa selama satu hari. Sebaiknya, siapkan makanan yang variatif dan beragam untuk anak agar anak dapat menikmati makanan sahur.

2. Pastikan Anak Tidur Lebih Awal

Sebaiknya ibu memastikan anak tidur lebih awal agar terbangun ketika sahur. Waktu tidur yang cukup dan lebih awal memudahkan ibu untuk membangunkan anak ketika sahur.

3. Ajak Anak untuk Mengatur Waktu Sahur

Tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak mengatur waktu sahurnya. Berikan penjelasan yang mudah diterima oleh anak mengenai makna sahur. Ajak anak untuk mengatur alarm sendiri sehingga kondisi ini membuat anak lebih mudah untuk bangun tidur. Selain mengajarkan waktu sahur, kegiatan ini juga mengajarkan tanggung jawab pada anak.

4. Berikan Anak Pujian

Ketika anak sudah bangun untuk sahur lebih awal dan tidak rewel, berikan anak pujian. Memberikan pujian dengan kasih sayang membuat semangat anak menjadi bertambah untuk melakukan sahur. Tidak hanya sahur, anak juga melakukan ibadah puasa dengan semangat ketika terlihat kedua orangtuanya bangga dengan tindakan sahur atau puasa yang dilakukan oleh anak.

5. Ajak Anak untuk Mempersiapkan Sahur

Tidak ada salahnya untuk mengajak anak untuk mempersiapkan sahur untuk keluarga. Ajak anak untuk berbelanja kebutuhan sahur saat sore hari. Ibu bisa sambil mengajarkan anak untuk mengenal aneka ragam sayur dan buah. Jangan lupa ajak anak untuk masak makanan yang dikonsumsi untuk sahur. Biasanya, anak akan lebih semangat untuk menjalani sahur.

Baca juga: Waspada, 2 Penyakit Infeksi yang Sering Terjadi saat Puasa

6. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan Setelah Sahur

Ajak anak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan setelah sahur. Mengajak anak untuk sholat bersama dan membersihkan meja makan menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan ini bisa meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak.

Ketahui Manfaat Sahur untuk Anak

Sahur menjadi hal yang penting ketika puasa. Banyak manfaat yang dirasakan anak ketika menjalani sahur:

1. Menyediakan Energi Anak

Sahur penting untuk anak. Selain untuk mengajarkan anak berpuasa, dengan sahur maka memiliki energi ketika berpuasa. Kondisi ini menghindari kondisi lemas dan sakit pada anak.

2. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dengan asupan air yang cukup ketika sahur, maka Si Kecil terhindar dari masalah dehidrasi.

3. Mencegah Risiko Gangguan Pencernaan

Dengan sahur, anak terhindar dari masalah gangguan pencernaan. Sebaiknya, siapkan makanan yang bergizi dan terhindar dari rasa asam atau pedas ketika sahur.

Jika kamu memiliki keluhan selama menjalankan ibadah puasa, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai keluhan yang terjadi. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan