05 July 2018

6 Trik Ajari Anak Table Manner Sejak Dini

Table manner,trik table manner,table manner anak

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya enggak cuma orang dewasa saja yang perlu memiliki etiket ketika duduk di meja makan, Si Kecil sebaiknya juga mesti dibiasakan untuk belajar table manners. Mengajarkan anak table manner sejak dini, sama saja mengajarkannya agar mereka memiliki tata krama yang baik. Hal ini merupakan modal penting agar nantinya mereka bisa berperilaku dengan baik saat dewasa kelak. Lalu, bagaimana sih trik mengajari anak table manner sejak dini?

Bisa Dimulai dari 7-8 Bulan

Table Manner sendiri merupakan aturan yang dilakukan saat seseorang bersantap di meja makan. Etiket makan yang menjadi aturan standar baik di rumah, restoran, atau acara resmi ini diperkenalkan oleh bangsa Eropa. Meski setiap budaya dari berbagai negara memiliki aturan dan norma masing-masing, table manner ini bisa menjadi panduan untuk bertata krama di meja makan.

Mengajari anak table manners memang enggak semudah yang ibu bayangkan. Namun, ibu enggak boleh menyerah, sebab mengajarkan anak sopan santun memang perlu dilakukan sejak kecil, tentunya perlu diulang dan konsisten. Kata psikolog anak dan keluarga, anak sebenarnya sudah bisa diajarkan table manners sejak dirinya mampu duduk mandiri. Misalnya, ketika dirinya berusia 7-8 bulan. Di masa ini ibu sudah bisa mengajarkan Si Kecil kebiasaan makan di meja makan atau duduk di kursi khusus bayi.

Baca juga: 4 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri pada Anak

Yang perlu diingat, ibu jangan terlalu berharap kalau anak akan duduk tenang hingga makanannya habis. Selain itu, ibu juga mesti maklum bila cara makan anak masih belum sesuai harapan. Pasalnya, sistem motorik anak yang belum berusia satu tahun masih belum sempurna.

Nah, seiring berjalannya waktu hingga anak bisa makan sendiri (2-3 tahun), biasanya Si Kecil akan lebih banyak bereksplorasi. Di saat inilah ibu bisa mengajari table manner dengan lebih spesifik. Misalnya, mengajari mengambil makanan dengan menggunakan sendok lauk, bukan sendok makannya. Contoh lainnya, menggunakan kata “tolong” saat meminta bantuan orang lain bila anak ingin menambah menu makanannya.

Tips Mengajari Anak Table Manner

Ibu enggak mau kan kalau Si Kecil “dicap” sebagai anak yang tidak santun hanya karena etiketnya di depan meja makan? Oleh sebab itu, mengajari anak table manner bukanlah hal yang sepele. Pasalnya, kebiasaan sejak kecil akan terbawa hingga dewasa kelak, entah itu kebiasaan buruk atau baik. Nah, berikut cara mengajari anak table manner sejak dini.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

1.Cuci Tangan

Mengajari anak table manner bisa diawali dengan hal yang sederhana ini. Tujuannya jelas, agar ia terhindar dari berbagai kuman yang menempel di tangannya.

2. Jangan Membawa Mainan ke Atas Meja Makan.

Namanya juga anak-anak, pasti susah bisa lepas dari mainan favoritnya. Namun, cobalah biasakan anak supaya enggak membawa mainannya ketika duduk di depan meja makan. Cobalah ajari dirinya untuk tenang dan fokus pada makanan yang ada di depannya.

3. Jangan Dilepeh

Ketika merasakan ada sesuatu yang aneh atau tak disukainya, biasanya anak akan membuang (melepeh) makanan yang ada di mulutnya. Nah, di sini ibu bisa mengajarinya dengan cara yang tepat. Misalnya, ajari dirinya untuk menutup mulut dengan tisu dan lepehkan makan ke dalam tisu tersebut. Setelah itu, ajarilah dirinya untuk membungkus lepehan itu dengan baik agar orang lain tidak melihat sisa makanan tersebut.

4. Stop Kebiasaan Jalan-jalan

Kebiasaan yang satu ini memang banyak dimiliki para balita. Namun, ibu bisa kok menasihatinya dan membiasakan anak makan di rumah sambil duduk di kursinya. Cobalah ajari dirinya untuk duduk dengan tenang di kursinya dengan posisi tegak lurus, bukannya membungkuk atau selonjoran.

Baca juga: Ajari Anak Kebiasaan Kecil Ini Agar Lebih Sehat

5. Ajari Penggunaan Alat Makan

Mengajari anak table manner sejak dini juga bisa dimulai dengan mengajari dirinya untuk menggunakan peralatan makan dengan baik. Contohnya, mengajari anak menggunakan garpu, sendok, sumpit, dan alat makan lainnya dengan benar.

6. Jangan Berkomentar Negatif

Ibu juga perlu mengajari Si Kecil untuk tak berkomentar negatif selama di meja makan. Misalnya, berkomentar mengenai makanan yang sudah dihidangkan, seperti “Aku tidak terlalu suka rasanya”.

Si Kecil punya keluhan medis? Ibu enggak perlu khawatir, ibu bisa kok bertanya dan berdiskusi langsung dengan melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!