02 June 2019

6 Trik Jaga Kesehatan Tubuh di Hari Kemenangan

6 Trik Jaga Kesehatan Tubuh di Hari Kemenangan

Halodoc, Jakarta - Setelah menjalani ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan, hari kemenangan sudah menunggu di depan mata. Di hari Idulfitri atau lebaran ini, kesehatan tubuh hari selalu dijaga agar silaturahmi dan acara berkumpul bersama keluarga dan kerabat bisa berjalan dengan lancar.

Nah, lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan tubuh di hari raya Idulfitri.

1. Jangan Asal Makan

Memang enggak lengkap rasanya kalau tidak menyicipi opor ayam, rendang, gulai ayam, camilan manis, dan makanan khas lebaran lainnya di hari Idulfitri. Yang perlu diketahui, makanan yang disajikan bersantan, berminyak, dan gorengan seperti di atas, merupakan tersangka utama naiknya kolesterol tubuh. Maka dari itu, cobalah bijak memilih makanan di hari lebaran. Apalagi bagi dirimu yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti kolesterol tinggi dan diabetes.

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

2. Kendalikan Nafsu Makan

Untuk menahan nafsu makan di hari Idulfitri memang terbilang sulit untuk sebagian orang. Alasannya sih jelas, sebab menu-menu makanan di hari tersebut amat menggoda. Mulai dari ketupat, gulai ayam, opor ayam, hingga rendang tersaji di meja makan.

Meski begitu, nafsu makan juga harus tetap dikendalikan agar tubuh tidak kelebihan “muatan”. Ingat, makan berlebih bisa menimbulkan berbagai masalah pada tubuh lho, mulai dari obesitas hingga masalah pencernaan. Cobalah atur strategi agar tidak “lupa diri” saat melihat banyak makanan lezat yang tersaji.

3. Harus Bergizi Seimbang

Agar kesehatan tubuh terjaga dan badan tetap bugar selama lebaran, cobalah terapkan pola makan bergizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

4. Tetap Berolahraga

Saat hari raya Idulfitri tiba, bukan berarti aktivitas fisik harus distop. Kamu bisa kok tetap berolahraga di hari tersebut atau sebelumnya. Tak perlu olahraga berintensitas tinggi, cobalah olahraga ringan seperti joging. Olahraga sejuta umat ini juga bisa kamu coba selama berpuasa. Kamu bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka.

Joging punya banyak manfaat lho bagi kesehatan. Rutin berjoging amat baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi.

5. Cukupi Kebutuhan Tidur

Bagi dirimu yang akan melakukan kunjungan ke rumah kerabat atau keluarga di hari kedua lebaran, cobalah cukupi kebutuhan tidur di hari pertama. Ingat, kekurangan tidur bisa membuat kita jadi rentan terserang masalah kesehatan fisik karena turunnya kualitas sistem imun tubuh. Di samping itu, kekurangan tidur juga bisa menimbulkan masalah psikis, dari menurunkan suasana hati, stres, hingga depresi.

Baca juga: Masak Makanan Sehat Saat Lebaran, Bisa!

Lalu, berapa sih waktu tidur malam yang ideal? Menurut rekomendasi durasi tidur National Sleep Foundation, usia 18–64 tahun setidaknya memerlukan tidur selama 7–9 jam.

6. Konsumsi Suplemen

Agar kesehatan tubuh semakin terjaga, cobalah konsumsi suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, suplemen yang mengandung antioksidan. Ingat, antioksidan memiliki banyak keistimewaan bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tubuh lebih fit, hingga membentengi tubuh dari bahaya stres oksidatif.

Mau tahu lebih jauh tips untuk menjaga kesehatan tubuh di hari lebaran? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!