25 July 2018

7 Alasan Mengapa Tangan Terlihat Lebih Tua

tangan terlihat lebih tua

 

Halodoc, Jakarta - Usia yang semakin bertambah identik dengan perubahan tubuh, seperti misalnya munculnya keriput pada ujung mata dan tangan yang tampak lebih tua. Namun, ternyata penuaan pada tangan bisa juga terjadi pada usia muda. Tentunya, ini akan membuat kamu menjadi kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain, misalnya saat sedang bersalaman. Lalu, mengapa tangan terlihat lebih tua bahkan ketika masih muda? Mungkin beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebabnya:

Kulit Cenderung Tipis dan Kendur

Ternyata, tangan terlihat lebih tua bisa disebabkan karena kulit tangan yang tipis dan kendur. Kulit yang tipis akan mudah berkerut dan tidak kenyal. Kulit tipis dan kendur ini terjadi karena paparan sinar matahari berlebihan yang akan merusak kolagen. Pada kulit, kolagen berperan untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.

Adanya Sisik pada Kulit

Kulit bersisik identik dengan permukaan kulit yang kasar dan terasa gatal. Jika digaruk, akan muncul warna putih. Siapa sangka, kulit bersisik juga menjadi tanda bahwa kulit kamu mengalami penuaan dini. Biasanya, kulit bersisik terjadi karena kurangnya kelembapan, sehingga bisa diatasi dengan menggunakan pelembap kulit, seperti misalnya minyak zaitun. Namun, jika sisik tidak menghilang, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Terdapat Noda Hitam pada Permukaan Kulit

Age spot atau bintik berwarna hitam menjadi gejala yang paling sering terlihat ketika kulit tangan mengalami penuaan dini. Dr. Eileen lambroza, seorang pakar kesehatan kulit dari New York Hospital Cornell Medical Center mengatakan bahwa munculnya age spot bisa disebabkan karena paparan sinar matahari langsung pada kulit secara terus-menerus. Inilah sebabnya age spot tidak bisa menjadi tanda bahwa seseorang memasuki usia lanjut.

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

Pembuluh Darah Vena yang Terlihat Lebih Menonjol

Cobalah amati punggung tangan kamu, apakah terdapat garis-garis biru pembuluh darah yang tampak menonjol? Jika iya, inilah yang menyebabkan tangan kamu terlihat lebih tua. Ukuran pembuluh darah vena yang terlalu besar akan menyembunyikan lemak pada tangan yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Perawatan laser biasanya banyak dipilih untuk mengurangi tampilan menonjol ini.

Perawatan Kulit yang Kurang Tepat

Tangan terlihat lebih tua juga bisa disebabkan karena kamu melakukan perawatan kulit yang kurang tepat. Tidak hanya dari obat yang digunakan, tetapi juga dari kebersihan alat dan cara perawatannya. Jadi, pastikan kamu memilih jasa perawatan kulit yang benar-benar mumpuni serta menjaga kebersihan alat-alatnya.

Warna Kuku Cokelat atau Kekuningan

Jangan disepelekan, kuku juga perlu kamu perhatikan kesehatan dan kecantikannya. Ini disebabkan karena kuku juga bisa menjadi indikator tangan terlihat lebih tua. Kuku yang berwarna kekuningan atau kecokelatan misalnya, yang bisa terjadi karena infeksi jamur, dampak penggunaan obat kulit seperti psoriasis, atau sis warna dari cat kuku. Coba kamu atasi dengan mengoleskan irisan lemon untuk menghilangkan sisa warna ini.

Kuku Terlihat Rapuh

Terakhir, karena kuku terlihat rapuh dan mudah patah. Kondisi ini disebabkan karena berbagai hal, mulai dari cuaca, genetik, atau penggunaan bahan kimia. Oleh karena itu, coba lakukan perawatan kuku atau konsumsi vitamin B dengan dosis standar 2,5 miligram untuk mengembalikan kekuatan kuku.

Baca juga: Kondisi Kesehatan Dilihat dari Kuku

Itu tadi berbagai penyebab tangan terlihat tua yang perlu diketahui. Apa pun gejala dan perubahan yang tidak biasa pada tubuhmu, segera tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan. Gunakan aplikasi Halodoc yang bisa kamu download di App Store atau Play Store. Aplikasi Halodoc bisa kamu pakai juga untuk beli obat, vitamin, atau cek lab.