13 June 2018

7 Camilan Sehat untuk Nobar Piala Dunia Rusia 2018

Camilan sehat piala dunia

Halodoc, Jakarta – Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia tinggal menghitung hari. Perhelatan akbar ini pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh pencinta sepak bola di tanah air. Berbicara Piala Dunia tentunya enggak lepas dari nobar, alias nonton bareng yang membuat suasana semakin seru dan menarik. Begadang semalaman hanyalah masalah ‘sepele’ bagi pencita sepak bola, demi melihat tim dan pemain favoritnya berlaga di lapangan hijau.

Meski ‘demam’ World Cup akan segera berlangsung, jangan lupa akan kesehatan dirimu sendiri. Kamu bisa lho, mengonsumsi camilan sehat disela-sela nonton bareng agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Nah, berikut camilan sehat yang bisa kamu cicipi.

1.Dark Chocolate

Camilan sehat yang satu ini mengandung kakao asli yang benutrisi tinggi dan baik dikonsumsi pada malam hari. Cokelat jenis ini mengandung bubuk kakao 50-70 persen yang rendah gula. Dark chocolate juga mengandung polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan sensitivias insulin, sehingga bisa mencegah keinginan untuk mengonsumsi makanan manis berlebihan. Kata ahli, camilan sehat ini juga tinggi antioksidan yang bisa melawan peradangan dan meningkatkan suasana hati.  

(Baca juga: 2 Kreasi Camilan Bernutrisi Cegah Penyakit Jantung)

  1. Oatmeal

Makan yang berbahan dasar gandum ini juga termasuk camilan yang menyehatkan. Sebab, ia mengandung vitamin B kompleks, mangnesium, dan fosfor yang baik untuk tubuh. Selain tinggi antioksidan, oatmeal juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh. Camilan ini juga bisa membuat perut terasa kenyang sepanjang waktu karena kandungan serat di dalamnya. Dengan begitu, kamu pun bisa menurunkan nafsu untuk ngemil berlebihan.

3.Frozen Blueberry

Menurut para pakar, buah yang satu ini kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi otak dan jantung. Blueberry juga rendah kalori, jadi bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih enggak perlu takut untuk mengonsumsinya. Nah, agar semakin lezat, cobalah konsumsi buah ini dalam keadaan dingin atau beku, serta campurkan dengan yoghurt.

  1. Buah Ceri

Selain blueberry, ceri juga bisa kamu jadikan sebagai camilan sambil nonton bareng bersama teman-teman. Kata ahli diet sekaligus penulis The Small Change Diet, melatonin di dalam ceri bisa membantu mengendalikan jam internal pada tubuhmu. Jam internal di sini merupakan ritme pola harian yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Misalnya, mengatur waktu bangun dan tidur seseorang. Sama halnya dengan blueberry, ceri juga banyak mengandung antioksidan seperti beta karoten yang baik untuk kesehatan jantung.

(Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food)

  1. Kacang Almond

Perut keroncongan saat nonton Piala Dunia? Cobalah konsumsi kacang-kacangan seperti almond. Kata ahli, kacang-kacangan merupakan menu yang tepat dikonsumsi saat rasa lapar menyerang. Pasalnya, kacang almond banyak mengandung antioksidan dan serat yang membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama. Menariknya lagi, kacang ini juga mampu mengatur gula darah dalam tubuh.

  1. Yoghurt

Yoghurt juga bisa jadi camilan sehat yang dapat kamu konsumsi saat malam hari. Yang perlu diingat, pilihlah yoghurt tanpa rasa untuk meminimalkan asupan gula ke dalam tubuh. Kamu bisa kok menambahkan buah segar seperti blueberry, stroberi, atau kiwi untuk menambah cita rasanya. Jangan takut bobot tubuh akan meningkat, sebab yoghurt termasuk camilan rendah lemak.

  1. Susu dan Madu Hangat

Kandungan tryptophan yang terkandung dalam susu bisa meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa meningkatkan rasa senang dan tenang dalam tubuh. Kamu bisa menambahkan susu dengan sedikit madu (setengah sendok teh) untuk mendapatkan sedikit asupan gula yang mudah dicerna. Mengonsumsi minuman ini bisa membuat perut terasa kenyang dan membantu tidur agar lebih nyenyak.

(Baca juga: 5 Camilan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak)

Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan selama ajang Piala Dunia belangsung, bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!