• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

7 Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Maret 2022

“Terdapat beberapa perawatan rumahan yang dapat dilakukan agar kamu dapat mengatasi kapalan pada telapak kaki tanpa perlu ke salon. Salah satunya seperti rutin menggosok kaki dengan sabun atau scrub ketika mandi. Cara ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kaki.”

7 Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

Halodoc, Jakarta – Kapalan atau callus, merupakan kondisi yang terjadi akibat mekanisme perlindungan kulit terhadap gesekan atau tekanan. Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya lapisan tebal dan keras pada area kulit tertentu, seperti kulit telapak kaki maupun jarinya. 

Bagi sebagian orang, telapak kaki yang kasar penuh kapalan tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Maka dari itu, beberapa orang berusaha untuk membuat telapak kaki yang semula kasar menjadi mulus kembali. 

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan kulit di salon. Namun, tak hanya melalui perawatan di salon, kamu juga bisa membuat telapak kakimu kembali mulus melalui beberapa perawatan rumahan, lo. Penasaran apa saja? Yuk, intip ulasannya di ini! 

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Telapak Kaki yang Kapalan

Mulai dari menggosok kaki dengan sabun, hingga memotong kuku kaki secara rutin. Berikut adalah penjabaran akan beberapa cara tersebut, antara lain: 

1. Menggosok Kaki dengan Sabun

Salah satu cara sederhana untuk memiliki telapak kaki mulus adalah dengan rutin menggosok kaki saat mandi. Kamu bisa menggunakan sabun atau scrub saat menggosok kaki, bersihkan hingga ke sela-sela jari agar kaki menjadi benar-benar bersih. Lakukan secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kaki.

2. Rendam Kaki di Air Hangat

Rendam kaki di air hangat selama 5-10 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. Sambil merendam kaki, kamu juga bisa menggosok telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Gunakan Sunblock pada Punggung Kaki

Sebelum pergi ke luar rumah, jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kakimu dari paparan sinar matahari. Dengan rutin menggunakan sunblock, kulit kakimu akan bebas dari belang dan terlihat lebih cerah sehingga kakimu tetap mulus.

4. Cuci Kaki dengan Sabun

Agar kaki tetap mulus, jangan lupa mencuci kaki dengan sabun sebelum beranjak tidur dan setelah bepergian dari luar rumah untuk menghilangkan bau dan kotoran yang menempel. Kaki yang terbungkus dengan alas kaki sepanjang hari bisa membuat kaki menjadi kering, sehingga bisa menyebabkan kaki menjadi pecah-pecah dan terlihat kusam.

5. Gunakan Lotion Sebelum Tidur

Sama halnya dengan wajah, kaki juga perlu dirawat dengan menggunakan lotion sebelum tidur. Bersihkan kaki terlebih dahulu dengan air hangat, lalu gunakan lotion yang memiliki kandungan pelembap tinggi secara menyeluruh hingga ke bagian telapak kaki. Gunakan secara teratur setiap sebelum tidur di malam hari. Hal ini dilakukan untuk melembapkan kaki, mengembalikan kekenyalan, dan menghaluskan kulit kaki sehingga kulit kakimu tetap mulus tanpa kapalan.

6. Menggunakan Krim Eksfoliator 

Alih-alih mengelupas kulit kapalan pada telapak kaki secara manual, kamu juga dapat menggunakan krim eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati secara rutin. Umumnya, produk yang dapat mengatasi kapalan biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat, urea, atau amonium laktat. Kendati demikian, penting untuk terlebih dahulu bertanya kepada dokter spesialis kulit mengenai produk yang tepat sesuai kondisi kulit. Sebab, beberapa jenis produk eksfoliator kulit bisa saja mengandung zat yang dapat menyebabkan iritasi pada jenis kulit tertentu. 

7. Potong Kuku Kaki Secara Rutin

Selain beberapa tips di atas, kamu juga perlu rutin memotong kuku kaki. Bersihkan kotoran yang terselip di kuku kaki, lalu potong kuku secara lurus, dan hindari memotong kuku terlalu pendek.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengatasi telapak kaki yang kapalan melalui beberapa perawatan rumahan. Mulai dari menggosok kaki dengan sabun, hingga memotong kuku kaki secara rutin. Jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil dan kapalan pada telapak kaki tetap membandel, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Sebab, bisa jadi kapalan yang muncul dipicu oleh kondisi lain, seperti bunion. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis kulit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama di rumah sakit. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang! 

Referensi: 

Medical News Today. Diakses pada 2022. Home remedies for calluses.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Ways to Remove Dead Skin from Your Feet.