• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Sederhana untuk Mencegah Sakit Maag

7 Cara Sederhana untuk Mencegah Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Cara Sederhana untuk Mencegah Sakit Maag

Halodoc, Jakarta - Sakit maag bisa dibilang sebagai penyakit “sejuta umat” uang sering kali membuat aktivitas pengidapnya terganggu. Pasalnya, ketika penyakit ini kambuh akan timbul rasa nyeri yang membuat perut terasa melilit, sehingga membuat pengidapnya meringis kesakitan. 

Sakit maag bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya berlebihnya asam pada lambung. Kondisi ini yang bisa menyerang lapisan lambung hingga menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, sakit maag bisa disebabkan oleh infeksi pada perut oleh bakteri Helicobacter pylori, dan penggunaan yang kronis terhadap obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin. Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah penyakit maag?

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Tips Mencegah Kambuhnya Maag

Sebenarnya para ahli tidak mengetahui secara pasti bagaimana Helicobacter pylori, menyebar atau mengapa beberapa orang mengembangkan penyakit maag tanpa terinfeksi oleh bakteri H. pylori. Hal ini yang membuat pencegahannya mungkin akan sulit dilakukan. 

Namun, untungnya terdapat upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit maag kembali kambuh. Nah, berikut ini cara mencegah penyakit maag yang bisa dilakukan:

1. Jangan Asal Mengasup Makanan

Pengidap maag harus menghindari makanan yang dapat mengiritasi perut. Lalu, makanan dan minuman seperti apa saja yang sebaiknya dihindari pengidap maag? Ada berbagai macam yang sebaiknya dihindari, contohnya adalah daging dengan kandungan lemak yang tinggi, jeruk dalam bentuk buah utuh atau jus (makanan/minuman asam), serta kopi dan teh yang mengandung kafein atau tanpa kafein.

Di samping itu, pengidap maag perlu menghindari makanan dengan bumbu yang dapat mengiritasi mulut dan perut, cokelat, bawang-bawangan, makanan yang banyak mengandung garam, dan makanan yang banyak mengandung gas (brokoli, kol, dan kacang-kacangan).

2. Hindari Konsumsi Alkohol

Cara mencegah penyakit maag juga bisa dengan mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar terbukti berkontribusi pada pengembangan bisul di dalam lambung. Oleh sebab itu, pertahankan asupan alkohol seminimal mungkin.

Baca juga: Penyakit Maag Bisa Berujung Kanker Lambung?

3. Kelola Stres dengan Baik

Stres bukan cuma menyerang psikis saja, dalam beberapa kasus stres juga bisa menyebabkan maag kembali kambuh. Oleh sebab itu, kelola stres dengan baik, misalnya dengan berlatih teknik relaksasi. Latihan teratur dan teknik relaksasi antara pikiran dan tubuh dipercaya membantu untuk mengurangi penyakit maag kambuh

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Ternyata, perokok berat lebih mungkin untuk mengalami penyakit maag daripada yang bukan perokok. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

5. Makanlah dengan Porsi Kecil

Porsi besar membuat perut harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Sebaiknya makanlah dalam porsi kecil, secara perlahan, dan jangan berbaring setelah makan. 

Baca juga: Perhatikan Menu Diet untuk Pengidap Sakit Maag

6. Jangan Tidur saat Perut Penuh

Pengidap maag tidak dianjurkan untuk tidur atau berolahraga ketika perut dalam keadaan penuh. Bila ingin berolahraga, lakukan setidaknya satu jam setelah makan (bukan porsi besar). Sementara itu, tunggulah tiga jam setelah makan sebelum tidur. 

7. Hindari Celana atau Pakaian Ketat

Cara mencegah penyakit maag kembali kambuh juga bisa melalui cara ini. Pasalnya, celana atau pakaian ketat bisa bisa menekan perut, dan membuat makanan naik ke kerongkongan.

Nah, itulah beberapa cara mencegah penyakit maag yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh masalah di atas, atau memiliki keluhan kesehatan lainnya, bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Indigestion
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux
Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. Diakses pada 2021. Publikasi Mutakhir Penelitian Kuman H Pylori di Indonesia
Web MD. Diakses pada 2021. Common Heartburn Triggers