7 Ciri Anak Cerdas yang Perlu Diketahui Ibu

ciri anak cerdas

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua tentunya ingin agar anaknya tumbuh menjadi orang yang cerdas. Nah, sebenarnya kecerdasan seorang anak sudah bisa dilihat sejak dini lho, bu. Dengan mengetahui ciri-ciri anak cerdas, ibu bisa mengevaluasi perkembangan anak. Bila perkembangan Si Kecil dianggap terlalu lambat, padahal ibu tahu ia bisa mencapai tahapan yang lebih dari itu, maka ibu bisa memberi stimulasi yang tepat agar Si Kecil bisa memiliki kemampuan yang optimal. Yuk, ketahui ciri-ciri anak cerdas berikut.

1. Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Bila Si Kecil bertanya banyak hal pada ibu, jangan malas menjawabnya ya, karena ini adalah salah satu ciri anak cerdas. Jadi, sebagai orangtua yang bijak, ibu sebaiknya menjawab pertanyaan Si Kecil dengan benar dan bijak agar rasa ingin tahu Si Kecil terpenuhi dengan baik.

2. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Ciri anak cerdas lainnya adalah ia dapat mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka kecil. Misalnya, walaupun  masih berusia dua tahun, namun Si Kecil mampu mengingat dan menceritakan kembali peristiwa ketika ia berumur 18 bulan.

3. Aktif Bergerak

Anak yang cerdas juga biasanya sangat aktif dan terlihat menonjol dibanding anak-anak seusianya. Perilaku anak yang aktif ini sebenarnya tidak hanya terlihat ketika ia berusia 2-3 tahun saja. Namun, sejak bayi pun, perilaku aktif sudah bisa dipelajari. Karena itu, ibu perlu memberi anak stimulus yang tepat sejak bayi yang bermanfaat untuk perilaku dan kemampuan mereka untuk belajar nantinya. Salah satu stimulus yang tepat adalah membiarkan Si Kecil bereksplorasi. Ketika Si Kecil aktif bergerak ke sana kemari, ia akan mengenal berbagai objek di sekitarnya.  

Namun, ibu perlu tahu dulu bedanya anak yang aktif dengan anak yang hiperaktif. Anak yang aktif, walaupun banyak bergerak dan melakukan aktivitas fisik, namun tetap bisa dikendalikan dan lebih sabar. Sedangkan anak yang hiperaktif biasanya cenderung agresif, tidak bisa diam dan tidak fokus.

Baca juga: Si Kecil Aktif atau Hiperaktif? Ini Bedanya!

4. Percaya Diri

Selain aktif, anak yang cerdas juga biasanya memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari perilaku Si Kecil yang tidak merasa minder atau malu saat berada di lingkungan baru. Ia juga berani mengungkapkan apa yang ada di pikirannya. Nah, menanggapi rasa percaya diri anak yang mantap ini, ibu bisa memberi dukungan pada Si Kecil untuk mengembangkan bakat yang digemarinya.

Baca juga: Anak Pemalu, Ini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya

5. Punya Pemikiran yang Selangkan Lebih di Depan

Berbeda dari anak-anak pada umumnya, anak cerdas dapat memikirkan hal-hal yang jauh lebih di depan, misalnya seperti ingin belajar sesuatu yang baru. Hal ini membuat anak cerdas terlihat lebih dewasa dibanding anak-anak seusianya.

6. Berani

Enggak hanya percaya diri, anak yang cerdas juga biasanya berani mencoba hal-hal yang baru. Anak yang pemberani akan lebih cepat untuk berkembang dan maju, karena ia tidak membatasi dirinya untuk melakukan sesuatu yang baru. Dengan demikian, ia akan mempelajari hal-hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya dan mampu berprestasi.

7. Kreatif

Memiliki kreativitas yang tinggi juga merupakan salah satu ciri anak yang cerdas. Si Kecil mampu berpikir out of the box dan ketika menghadapi masalah, ia dapat berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Ibu bisa mengetahui kreativitas anak dengan melihat cara ia bermain puzzle. Sesulit apapun mainan puzzle, anak yang kreatif akan terus mencoba dengan berbagai cara untuk menyelesaikan susunan puzzle-nya. Selain kreatif, hal ini juga menunjukkan bahwa Si Kecil sudah mandiri dan mampu bertanggung jawab menyelesaikan sebuah tugas.

Baca juga: Ingin Anak Kreatif? Begini Cara Didik Sejak Bayi

Nah, itulah beberapa ciri anak cerdas. Selain memberi stimulasi yang tepat, ibu juga perlu memberi arahan yang lebih spesifik agar anak dapat tumbuh sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimilikinya. Untuk membicarakan kesehatan anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.