7 Ciri Makeup yang Sudah Kadaluarsa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 kosmetik,  makeup kadaluarsa, makeup, kadaluarsa, bahaya makeup, kosmetik kadaluarsa, usia makeup

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk perempuan yang hobi berbelanja makeup? Sudah berapa lama produk makeup yang kamu simpan? Biasanya perempuan langsung memakai kosmetik, dan tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu. Hal ini tentu menyebabkan kulit menjadi rusak. Alih-alih ingin merias wajah supaya terlihat lebih cantik, tapi justru merusak kulit wajah.

Padahal setiap produk kosmetik pasti memiliki tanggal kadaluarsa. Sebab bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat berubah sepanjang waktu. Molekul dalam produk kosmetik dapat berubah sehingga komposisi bahan juga dapat berubah jika disimpan terlalu lama. Tanggal kadaluarsa berguna untuk memberi tahu kamu kapan batas pemakaian produk tersebut. Produk kosmetik yang sudah melewati tanggal kadaluarsa artinya sudah tidak layak untuk kamu pakai.

Produk kosmetik yang sudah kadaluarsa biasanya berubah menjadi kering, menggumpal, dan tidak lembut saat dipakai ke kulit. Bahan aktif yang terkandung di dalam produk kosmetik juga sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak memberikan manfaat yang sama seperti produk kosmetik yang belum kadaluw\arsa. Bahkan bahan yang terkandung dalam produk tersebut dapat terurai menjadi bentuk lain dan bersifat racun. Nah, inilah ciri-ciri makeup yang sudah kadaluwarsa berdasarkan jenis produknya:

1. Lipstik

 

 

Lipstik yangs udah kadaluarsa akan menunjukkan perubahan tekstur dan aroma. Biasanya lipstik yang sudah kadaluarsa juga akan susah untuk diaplikasikan ke bibir.

 

2. Eyeliner

 

Eyeliner jenis pensil dinilai lebih tahan lama untuk digunakan. Kamu bisa menggantinya setiap tiga bulan sekali. Eyeliner pensil yang sudah kadaluarsa biasanya akan menunjukkan tanda adanya titik putih. Sementara eyeliner cair yang kadaluarsa akan terpisah dan mengeluarkan bau tak sedap.

 

3. Foundation

 

Foundation hanya bertahan selama enam bulan sejak dibuka pertama kali. Biasanya foundation yang kadaluarsa akan menunjukan ciri aroma yang tak sedap, perubahan tekstur dan perubahan warna. Jika ciri-ciri tersebut terjadi, sebaiknya.

 

4. Maskara

 

Maskara akan menunjukan aroma yang tak sedap dan tekstur yang berubah ketika sudah kadaluarsa. Umumnya maskara hanya bertahan dua sampai tiga bulan.

 

5. Face Powders

 

Jika kamu memiliki face powders dan powder blush, pastikan usianya tidak lebih dari dua tahun. Apabila produk kosmetik ini memasuki kadaluarsa dan mengalami perubahan dalam tekstur serta aroma maka hentikan pemakaian.

 

6. Eyeshadow

 

Pastikan eyeshadow kamu tidak memiliki bau yang tidak sedap dan berubah warna. Normalnya, eyeshadow akan bertahan selama kurang lebih satu tahun. Para ahli menjelaskan bahwa menggunakan kadaluarsa bisa membawa bakteri ke area mata dan menyebabkan iritasi.

7. Lip Gloss

 

 

Sama halnya seperti lipstik, lip gloss yang kadaluarsa memiliki tanda tekstur yang berubah dan bau yang tak sedap. Selain itu, lip gloss kadaluarsa akan menunjukkan tanda seperti tekstur yang lebih lengket dan sulit diaplikasikan di bibir.

Produk kosmetik yang berbasis cairan biasanya memiliki masa kadaluarsa yang lebih singkat daripada yang berbentuk padat atau bubuk. Jika tanggal kadaluarsa tidak tercantum pada kemasan, kamu bisa menghitung tanggal kadaluarsa dari tanggal produksi yang tertera dalam kemasan produk tersebut.

Namun, apabila kamu sudah terlanjur memakai makeup yang kadaluarsa dan mengalami dampak negatif pada kulit, segera lakukan diskusi dengan dokter ahli di Halodoc supaya mendapat pengobatan dari resep dokter. Kamu tidak hanya bisa melakukan tanya jawab dengan dokter, tapi kamu juga bisa membeli obat melalui apotik antar di aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang.

 

Baca juga: