• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Menarik untuk Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Menarik untuk Diketahui

7 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Menarik untuk Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2021
7 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Menarik untuk Diketahui

“Menjadi anak pertama memang suka memerintah dan cenderung dominan ketimbang adik-adiknya. Apalagi, jika ia seorang perempuan. Ia bisa jadi anak yang paling ambisius untuk mendapatkan apa pun keinginannya. Simak di bawah ini terkait dengan fakta anak perempuan pertama lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Anak perempuan pertama cenderung ambisius dan memiliki prestasi di bidang akademiknya. Bisa dibilang, anak pertama perempuan memiliki persentase keberhasilan yang tinggi jika dilihat dari ambisinya untuk mendapatkan apapun keinginannya. 

Bagaimanapun karakter anak perempuan pertama tidak luput dari pola asuh anak yang diterapkan oleh kedua orangtua. Apalagi, keberadaan seorang adik akan memengaruhi sifat, karakter, dan psikologi si kakak secara menyeluruh. Berikut ini fakta anak perempuan pertama:

1. Mandiri

Anak pertama senang menjelajahi dunianya sendiri. Mereka tidak takut akan kegagalan dan memiliki keberanian yang tinggi untuk mencoba berbagai hal baru. Anak pertama perempuan cenderung cekatan dalam melakukan apa pun, tidak suka bergantung dengan pasangan, dan dapat mengerjakan apa pun seorang diri.

2. Jiwa Kepemimpinan

Fakta anak perempuan pertama selanjutnya adalah, memiliki jiwa kepemimpinan. Karakter tersebut muncul karena sejak kecil ia terbiasa diandalkan oleh orangtua untuk menjaga adik-adik. Anak perempuan pertama cenderung tidak mudah menyerah, dan cocok menjadi mentor dalam hal pekerjaan.

3. Rasa Peduli

Memiliki rasa peduli yang tinggi menjadi fakta anak perempuan pertama selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan, ia sudah terbiasa berusaha melindungi, mengayomi, dan memberikan bantuan pada adik-adiknya sedari kecil. Dalam hubungan percintaan, anak perempuan pertama dikenal sebagai sosok yang perhatian pada pasangan.

4. Naluri Keibuan

Meski karakternya kuat, naluri keibuan anak perempuan pertama kerap kali muncul. Hal tersebut dikarenakan, ia terbiasa menggantikan peran ibunya. Contohnya seperti bebenah rumah, menyiapkan makan adik-adik, dan lain-lain ketika ibunya tidak berada di rumah. Bisa dibilang, naluri keibuan tumbuh secara alami.

5. Pekerja Keras

Fakta anak perempuan pertama selanjutnya adalah, pekerja keras. Anak pertama perempuan selalu fokus dalam mengerjakan pekerjaan, sehingga ia cenderung memiliki karier yang baik. Bisa dibilang, anak perempuan pertama adalah sosok yang berkualitas, termasuk pada bidang pekerjaannya.

6. Sangat Cerewet

Anak pertama perempuan biasanya sangat cerewet. Ia senang sekali memberikan nasihat-nasihat pada adik-adik dan orang terdekatnya. Pada adik-adiknya, nasihat yang dilontarkan bertujuan untuk menjaga mereka tetap aman dan memiliki hidup yang bahagia.

7. Pandai Menyesuaikan Diri

Fakta anak perempuan pertama yang terakhir adalah, pandai menyesuaikan diri. Mereka cenderung tahan banting dan dapat hidup dalam situasi yang tidak mengenakkan sekalipun. Hal tersebut didapatkan dari kesenangannya dalam berpetualang.

Itulah beberapa fakta anak perempuan pertama. Hal yang perlu ditegaskan, tak semua anak perempuan pertama memiliki sifat atau karakteristik seperti di atas. 

Karakteristik ini tentunya dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan kedua orangtua, hingga lingkungan tempat tinggal di mana ia dibesarkan. 

Praktikkan gaya hidup sehat sejak dini, agar ia terbiasa menerapkannya hingga dewasa. Selain dari makanan bergizi seimbang, ibu bisa memberikannya suplemen yang dibutuhkan. Cek kebutuhan suplemen lewat aplikasi Halodoc, ya. Yuk, segera download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Time. Diakses pada 2021. Firstborn Girls Are the Best at Life.
Institute for Social and Economic Research University of Essex. Diakses pada 2021. Sibling Configurations, Educational Aspiration and Attainment.
Daily Mail. Diakses pada 2021. First born and female? Why being the eldest girl means you are more likely to succeed.